Fitriana, Nurul (2022) Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe take and give menggunakan leaflet terhadap hasil belajar siswa materi sistem ekskresi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (cover)
1_cover.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text (abstrak)
2_abstrak.pdf Download (122kB) | Preview |
|
|
Text (daftar isi)
3_daftar isi.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text (bab 1)
4_bab 1.pdf Download (364kB) | Preview |
|
Text (bab 2)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (458kB) | Request a copy |
||
Text (bab 3)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (400kB) | Request a copy |
||
Text (bab 4)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) | Request a copy |
||
Text (bab 5)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (122kB) | Request a copy |
||
Text (daftar pustaka)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (202kB) | Request a copy |
Abstract
Model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give menggunakan Leaflet adalah jenis pembelajaran yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dalam mencapai suatu tujuan. Penelitian bertujuan menganalisis pengaruh model pembelajaran Tipe Take And Give Materi Sistem Ekskresi terhadap hasil belajar siswa. Penelitian menggunakan metode Mix methode desain Embedded. Perangkat penelitian ini menggunakan lembar observasi, angket kendala, beserta soal hasil belajar. Pemilihan sampel menggunakan purposive sampling terdiri dari 25 siswa kelas eksperimen dan 25 siswa kelas kontrol di MTs Negeri didaerah Majalengka. Data penelitian berupa keterlaksanaan pembelajaran melalui model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give menggunakan Leaflet dengan skor ketercapaian aktivitas guru dengan kriteria sangat baik mencapai skor 100% terlaksana, pada ketercapaian aktivitas siswa dengan kriteria sangat baik mencapai 77% terlaksana. Peningkatan hasil belajar siswa kelas eksperimen memiliki skor N-gain 0,62, kelas kontrol memiliki skor N-gain 0,39. Hasil perhitungan Uji Hipotesis menunjukan Sig. 0,000<0,05 terdapat perbedaan yang signifikan dari kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Hasil angket kendala siswa terhadap model Take and Give memiliki rata-rata 85 dengan sifat positif, kendala siswa terhadap aktivitas belajar yang tidak mengalami kesulitan terhadap materi sebesar 72. Hasil penelitian menunjukan bahwa Model pembelajaran kooperatif tipe Take and Give menggunakan Leaflet mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem ekskresi.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Kooperatif; Tipe Take And Give; Leaflet; Hasil Belajar Siswa; Materi Sistem Ekskresi; |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nurul Fitriana |
Date Deposited: | 15 Feb 2023 04:41 |
Last Modified: | 15 Feb 2023 04:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/64523 |
Actions (login required)
View Item |