Hidayati, Yesi (2017) Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran PAI Materi Sujud Syukur Sahwi dan Tilawah. Diploma thesis, Uin Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (252kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (253kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (258kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (659kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (731kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (461kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (365kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (368kB) | Request a copy |
Abstract
Penerapan Model Pembelajaran Concept Sentence Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Mata Pelajaran PAI Materi Sujud Syukur, Sahwi, dan Tilawah (Quasi Experiment pada Siswa Kelas VIII D SMPN 31 Bandung) Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan penulis di lokasi penelitian, bahwa dalam proses pembelajaran guru masih menggunakan metode yang biasa seperti ceramah, diskusi dll. sehingga model ini diasumsikan sebagai penyebab rendahnya hasil belajar kognitif siswa. Penulis menerapkan model pembelajaran concept sentence yang diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Proses penerapan model pembelajaran concept sentence pada mata pelajaran PAI materi sujud syukur, sahwi dan tilawah terhadap siswa kelas VIII D SMPN 31 Bandung. (2) Peningkatan hasil belajar kognitif siswa kelas VIII D SMPN 31 Bandung setelah penerapan model pembelajaran concept sentence pada mata pelajaran PAI materi sujud syukur, sahwi dan tilawah. Model Concept Sentence ini diasumsikan dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Metode ini kelebihan nya: (1) meningkatkan semangat belajar siswa (2) lebih memahami kata kunci dari materi pokok pelajaran (3) membantu terciptanya belajar yang kondusif (4) memunculkan kegembiraan saat belajar (5) mengembangkan dan mendorong proses berpikir kreatif (6) memunculkan kesadaran untuk berubah menjadi lebih baik (7) memperkuat kesadaran diri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperiment One Group Pretest Posttest design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII D SMPN 31 Bandung sebanyak 39 siswa. Alat pengumpul data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, test, studi kepustakaan dan dokumentasi. Analisis data yaitu kuantitatif dengan menggunakan pendekatan statistik. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa: penerapan model pembelajaran concept sentence pada materi sujud syukur, sahwi dan tilawah terlaksana dengan sangat baik, hal ini berdasarkan hasil observasi yang diperoleh yaitu 80%. Peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah penerapan model pembelajaran concept sentence termasuk pada kategori sedang. Hal ini berdasarkan nilai rata-rata N-Gain 0,42 dan dilihat dari rata-rata nilai pretest 47,85 dan posttest 68,26.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran; Concept sentence; Hasil belajar kognitif |
Subjects: | Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Kumpulan Ayat-ayat dan Surat-surat Tertentu dalam Al-Qur'an Aqaid (Aqidah, Akidah) dan Ilmu Kalam |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Yesi Hidayati |
Date Deposited: | 02 Mar 2018 01:16 |
Last Modified: | 02 Mar 2018 01:16 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/6484 |
Actions (login required)
View Item |