Makna iklan Gudang Garam Surya Rise And Shine

Al Fajar, Muhamad Arif (2013) Makna iklan Gudang Garam Surya Rise And Shine. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover (1).pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
2_daftarisi.pdf

Download (141kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
3_bab1sd4_1.pdf

Download (326kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
3_bab1sd4_2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB)
[img] Text (BAB III)
3_bab1sd4_3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text (BAB IV)
3_bab1sd4_4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (265kB)

Abstract

Komunikasi maasa pada hakikatnya merupakan proses pengoprasian lambang-lambang yang berarti, yang dilakukan melalui saluran yang biasanya dikenal dengan media. Dalam hal ini yang dimaksud dengan media adalah alat yang digunakan untuk mencapai massa. Dari uraian tersebut diatas dapat dijelaskan bahwa komunikasi massa merupakan suatu proses yang melukiskan bagaimana komunikator menggunakan teknologi media massa secara proporsional guna menyebarluaskan pesannya melampaui jarak untuk mempengaruhi khalayak dalam jumlah yang banyak. Elvinaro & Lukiati (2007:3) mengatakan bahwa “mass communication is message communicated throught a mass medium to large number people” (komunikasi massa adalah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang). Menurut Liliweri (dalam Deddy Mulyana dan Solatun 2008:29) “komunikasi massa merupakan bentuk komunikasi yang menggunakan saluran (media) dalam menghubungkan komunikator dan komunikan secara masal, berjumlah banyak, bertempat tinggal yang jauh (terpencar), sangat heterogen dan meninggalkan efek tertentu”. Media massa sebagai dari produk komunikasi massa kini berkembang pesat seiring dengan perkembangan teknologi yang terus memberikan inovasi terbaru. Media massa merupakan sarana menyampaikan berbagai macam informasi kepada masyarakat. Secara teoritis, media massa bertujuan menyampaikan informasi kepada masyarakat dengan benar dan efesien (Sobur, 2004:114). Media massa memiliki berbagai macam bentuk, diantaranya bentuk dari media massa adalah periklan. Berkowitz dalam Kustadi Suhandang (2010:45) mengatakan bahwa pada hakikatnya periklanan dapat dilakukan untuk berbagai tujuan yang berbeda, namun tetap didasari oleh dua tipe subyeknya: produk dan institusi, berfokus pada penjualan barang dan jasa, iklan tipe produk ada tiga bentuk: pionering (perintisan), Competitive (persaingan), dan Reminder (pengingatan kembali). Iklan adalah sarana komunikasi persuasif yang bertujuan untuk mempengaruhi, membujuk masyarakat dalam hal ini pelanggan atau calon pelanggan untuk menggunakan suatu produk, baik itu produk yang berupa barang ataupun jasa. Iklan merupakan salah satu bagian yang merefleksikan kehidupan kita saat ini. Iklan ada dimana-mana, sebagian tak terelakkan dari kehidupan setiap orang, bahkan adapun kita tidak membaca surat kabar, mendengarkan radio bahkan menonton televisi, pelbagai imaji iklan yang di pasang di sekitar lingkungan kita adalah hal yang tak terhindarkan. Hampir setiap sisi kehidupan kita selalu dipenuhi iklan iklan tersebut, baik itu iklan cetak, iklan untuk media elektronik (televisi dan radio), iklan pada media luar ruang papan reklame/ bilboard, sepanduk , poster pamflet, flyer, maupun iklan pada media lini bawah (below the line). Iklan rokok misalnya, dilihat dari segi tujuannya iklan rokok mempunyai tujuan untuk mempengaruhi dan membujuk masyarakat agar menggunakan produk yang ditawarkan. Iklan rokok tidak hanya menggunakan teks, akan tetapi juga menggunakan gambar dan bunyi yang menarik. pada dasarnya setiap iklan menampilkan produknya untuk menarik konsumen agar menggunakan produk yang ditawarkan dari iklan tersebut. Akan tetapi lain halnya dengan rokok. Iklan rokok tidak pernah menampilkan produknya yakni rokok untuk ditawarkan kepada masyarakat, peraturan dari pemerintah nomor 81 tahun 1999 tentang pengamanan rokok bagi kesehatan, dan UUD nomor 23 tahun 2000 tentang penyiaran yang mempersempit ruang lingkup promosi dari iklan rokok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Makna Iklan; Gudang Garam; Surya; Rise And Shine;
Subjects: Communications Telemunications > Television Broadcasting
General Management > Management Product Analysis
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Jurnalistik
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 25 Feb 2016 06:28
Last Modified: 15 Apr 2020 10:15
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/651

Actions (login required)

View Item View Item