Rusdiana, A. (2023) Pengawasan dan Evaluasi Pendidikan Semester II Tahun Akademik 2022/2023. [Teaching Resource] (Submitted)
|
Text
BUKU AJAR PENGAWASAN EVALUASI PENDIDIKAN.pdf Download (3MB) | Preview |
Abstract
Controlling, pengendalian, atau pengawasan dan evaluasi dalam manajemen sering disebut sebagai fungsi dasar terakhir dari manajemen. Hal tersebut karena seluruh fungsi dasar manajemen yang dilakukan pada akhirnya akan diawasi serta dikendalikan dan dievaluasi agar sesuai dengan tujuannya. Controlling berkedudukan penting dalam manajemen karena berperan menjamin tercapainya tujuan yang sudah ditetapkan dalam perencanaan. Beberapa kasus yang perlu dikendalikan dalam suatu organisasi meliputi tugas yang tidak terselesaikan, waktu penyelesaian yang tidak ditepati, anggaran yang berlebih, dan adanya berbagai kegiatan yang menyimpang dari perencanaan yang disusun. Dengan demikian fungsi controlling, pengendalian, atau pengawasan dan evaluasi ini merupakan aspek penting untuk memastikan proses manajemen berjalan dengan baik dari hulu ke hilir. Konsep manjemen pendidikan Islam, mengharuskan semua kegiatan dilakukan dengan Itqan. (tepat, jelas, dan tuntas'). Pengawasan dan Evaluasi dilakukan baik secara material maupun spiritual, artinya pengawasan tidak hanya mengedepankan hal-hal yang bersifat materil saja, tetapi juga mementingkan hal-hal yang bersifat spiritual. Hal ini yang secara signifikan membedakan antara pengawasan dalam konsep Islam dengan konsep sekuler yang hanya melakukan pengawasan bersifat materil dan tanpa melibat Allah Swt sebagai pengawas utama. Pengawasan dalam pendidikan Islam mempunyai karakteristik antara lain: pengawasan bersifat material dan spiritual, monitoring bukan hanya manajer, tetapi juga Allah Swt, menggunakan metode yang manusiawi yang menjunjung martabat manusia. Dengan karakterisrik tersebut dapat dipahami bahwa pelaksana berbagai perencanaan yang telah disepakati akan bertanggung jawab kepada manajernya dan Allah sebagai pengawas yang Maha Mengetahui. Di sisi lain pengawasan dalam konsep Islam lebih mengutamakan menggunakan pendekatan manusiawi, pendekatan yang dijiwai oleh nilai-nilai keislaman.
Item Type: | Teaching Resource |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengawasan Pendidikan; Evaluasi Pendidikan; Modul; |
Subjects: | Adult Education > Distance Education Adult Education > Adult Education in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr. A. Rusdiana |
Date Deposited: | 06 Mar 2023 08:13 |
Last Modified: | 06 Mar 2023 08:13 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/65274 |
Actions (login required)
View Item |