Peran Masjid Besar Al-Musa'adah Ciranjang bagi pembinaan masyarakat dalam bidang sosial keagamaan dan pendidikan Islam nonformal tahun 2018-2022

Fauzi, Diffa Syahzanan (2022) Peran Masjid Besar Al-Musa'adah Ciranjang bagi pembinaan masyarakat dalam bidang sosial keagamaan dan pendidikan Islam nonformal tahun 2018-2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (358kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (88kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (540kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (740kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy

Abstract

Masjid merupakan tempat suci nan mulia, yang di dalamnya juga haruslah dilaksanaan kegiatan-kegiatan yang mulia seperti menuntut ilmu, mengaji, dan kegiatan sosial lainnya yang berbasis keagamaan. Namun melihat keadaan sekarang masjid hanyalah dianggap sebagai tempat ritual melaksanakan ibadah shalat saja. Hal ini tentu berbanding terbalik dengan zaman Rasulullah, pada zaman Rasul, pemanfaatan masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah saja, tetapi masjid sebagai kegiatan dakwah, pembinaan umat dan tempat pendidikan nonformal. Hal ini berlaku pada Masjid Besar Al-Musa’adah Ciranjang yang berlokasi di Jalan Raya Bandung, Ciranjang, Kabipaten Cianjur. Dimana keberadaannya menjadi sentral bagi masyarakat setempat juga tempatnya yang strategis di samping jalan raya menjadi salah satu daya tarik bagi para jamaah yang sedang berpergian untuk beristirahat dari perjalanan. Berdasarkan uraian di atas, terdapat rumusan masalah sebagai berikut, Pertama, Bagaimana gambaran umum Masjid Besar Al-Musa’adah Ciranjang. Kedua, Apa saja peran Masjid Besar Al-Musa’adah Ciranjang dalam menyelenggarakan pembinaan terhadap masyarakat dalam bidang sosial keagamaan dan pendidikan Islam nonformal tahun 2018-2022. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran umum masjid dan peran masjid dalam bidang sosial keagamaan dan pendidikan Islam nonformal tahun 2018-2022. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah (Heuristik, Kritik, Interpretasi dan Historiografi). Sedangkan teori yang digunakan adalah pemanfaatan masjid menurut Moh. E. Ayub, bahwa masjid bukan hanya sebagai tempat ibadah saja, tetapi masjid sebagai kegiatan dakwah, pembinaan umat dan tempat pendidikan nonformal. Maka dari itu, masjid menjadi fungsi bagi pendidikan dan pusat kegiatan masyarakat. Berdasarkan pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa peran dari Masjid Besar Al-Musa’adah Ciranjang bermanfaat bagi kebutuhan masyarakat setempat. Masjid ini telah memerankan fungsinya sebagai fasilitas agama dengan menyelenggarakan beberapa kegiatan keagamaan serta pendidikan Islam untuk memenuhi kebutuhan para jamaah agar sesuai dengan apa yang diinginkan. Pelaksanaan kegiatan-kegiatan yang bersifat sosial berbasis keagamaan dan pelaksanaan pendidikan Islam yang di dalamnya terdapat banyak kegiatan yang dilakukan, dimulai kegiatan rutinan mingguan, bulanan bahkan tahunan, sebagai bentuk sarana bagi masyarakat, baik itu anak-anak, remaja dan orang tua.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Peran Masjid; Pendidikan Islam; Sosial Keagamaan;
Subjects: Knowledge
Religious Education
Organization an Management of History
Education and Research of History
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Diffa Syahzanan Fauzi
Date Deposited: 07 Mar 2023 04:22
Last Modified: 07 Mar 2023 04:22
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/65391

Actions (login required)

View Item View Item