Efendi, Nurali (2018) Pengaruh penggunaan model Inquiry terhadap berpikir kreatif siswa pada Materi Ekosistem (Penelitian Quasi Eksperimen di SMA Negri 1 Sukawangi). Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
COVER.pdf Download (23kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf Download (168kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf Download (205kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
BAB I.pdf Download (435kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (444kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (174kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran dan rendahnya keterampilan berpikir kreatif siswa, materi ekosistem merupakan materi yang dianggap sulit oleh siswa karena materi ekosistem yang berhubungan langsung dengan alam. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan pembelajaran dengan menggunakan model Inquiry yang dapat membawa siswa berhubungan langsung dengan alam yang dilakukan dengan cara eksperimen/mengumpulkan data yang siswa butuhkan. Siswa dapat menenemukan berbagai macam ide yang mereka pikirkan, setelah mendapatkan data yang dibutuhkan siswa dapat menjawab hipotesis mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Inquiry terhadap berpikir kreatif siswa pada materi ekosistem. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experiment. Teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampel yaitu kelas X IPA 2 merupakan kelas yang menggunakan model pembelajaran Inquiry dan kelas X IPA 3 merupakan kelas yang menggunakan metode ceramah. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa pada materi ekosistem dengan menggunakan model pembelajaran Inquiry menghasilkan nilai rata-rata pretest 40, posttest 65,00 dan gain 25 kelas yang menggunakan Metode Ceramah menghasilkan nilai rata-rata pretest 39, posttest 46, dan gain 7 Berdasarkan uji hipotesis diperoleh thitung = 9,42 > ttabel = 1,70 dengan α sebesar 0,05 (5%) maka H0 ditolak Ha diterima. Hal ini menunjukan model pembelajaran Inquiry berpengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa kelas X pada materi ekosistem.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Inquiry, Berpikir Kreatif , Ekosistem |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Nurali Efendi |
Date Deposited: | 05 Mar 2018 04:18 |
Last Modified: | 05 Mar 2018 04:18 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/6540 |
Actions (login required)
View Item |