Pemberdayaan ekonomi masyarakat desa melalui budidaya maggot: Studi deskriptif Karang Taruna di Desa Bojong Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung Jawa Barat

Zam Zam, Zam Zam (2023) Pemberdayaan ekonomi masyarakat desa melalui budidaya maggot: Studi deskriptif Karang Taruna di Desa Bojong Kecamatan Nagreg Kabupaten Bandung Jawa Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung DJati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (135kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf

Download (231kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_Bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (282kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_Bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (29kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (94kB) | Request a copy

Abstract

Berbicara perihal ekonomi, tentunya dalam pembangunan atau pemberdayaan ekonomi membutuhkan indikator – indikator guna memenuhi syarat dan kriteria ekonomi yang baik, indikator dan variable ini memiliki nilai dan ketentuan yang berbeda – beda, baik tingkat daerah maupun negara. Ekonomi merupakan hal penting dalam kehidupan masyarakat, karena dengan ekonomi yang baik dapat memenuhi tiga pilar kehidupan manusia, yaitu sandang, pangan, dan papan. Sampah organik umumnya berbentuk sisa sayur- mayur, buah- buahan busuk serta yang lain. Buat ini, dibutuhkan sesuatu pemecahan permasalahan, dimana salah satunya dengan mencerna sampah organik dengan maggot. Maggot merupakan sebuah serangga yang mulai banyak dipelajari baik dalam karakteristiknya serta kandungan nutrisinya. Dalam membudidayakan maggot pun tidak membutuhkan dana atau uang yang cukup banyak, karena dalam membudidayakan maggot hanya membutuhkan beberapa papan dan terpal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana siklus budidaya maggot dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat dan untuk mengetahui hambatan yang di alami masyarakat desa bojong dalam pengembangan ekonomi melalui budidaya maggot. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah pemberdayaan, yang dimana dalam tujuan akhirnya adalah kesejahteraan masyarakat dengan metode PRA atau Participatory Rural Appraisal yang memiliki arti dari rakyat oleh rakyat dan untuk rakyat. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dalam pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, metode wawancara dan studi dokumentasi. Pada tahap analisis data penelitian ini yaitu pengumpulan data, reduksi data, display dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Pemberdayaan Ekonomi Masyarakat Desa Melalui Budidaya Maggot merupakan salah satu program pemberdayaan di Desa Bojong, yang pertama adalah bank sampah lalu BUMDes dan yang terkahir adalah pembudidayaan maggot, dalam pelaksanaan program tersebut sangat membutuhkan partisipasi masyarakat secara luas dalam pelakasanaan nya, budidaya maggot ini tidak membutuhkan berbagai hal yang sulit sehingga memudahkan masyarakat dalam melaksanakan nya hingga akhir nya dapat mensejahterakan masyarakat dengan meningkatkan ekonomi mereka.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan ekonomi masyarakat desa; budidaya maggot; Karang Taruna
Subjects: Production, Industrial Economics > International Economic Development In Specific Localities
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Program Studi Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Zam zam
Date Deposited: 08 Mar 2023 02:25
Last Modified: 08 Mar 2023 02:25
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/65502

Actions (login required)

View Item View Item