Rahma, Ratih Anissa Milenia (2023) Pengaruh Agenda-Setting Framing media massa (BBC Indonesia dan CNN Indonesia Periode Juli 2019) terhadap pembentukan opini publik pengguna media sosial (Facebook dan Instagram) tentang konflik etnis Rohingya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (260kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (192kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (220kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (312kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (293kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (309kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (213kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (217kB) | Request a copy |
Abstract
Pembingkaian komunikasi politik oleh media massa terhadap pembentukan opini publik pengguna media sosial tentang konflik Rohingya ini bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan ada atau tidak adanya pengaruh antara variabel Agenda-Setting Framing media massa (X) terhadap pembentukan opini publik pengguna media sosial (Y) di mana seharusnya media massa bersifat netral nyatanya bisa juga sebagai pemertajam konflik dalam memberitakan peristiwa yang dapat mengendalikan opini publik. Penelitian ini menggunakan 4 fokus teori yaitu teori Komunikasi Politik dari Dan Nimmo, teori Agenda Setting dari Maxwell dan Mc. Combs, teori Framing dari Robert N Entamn dan teori ABC’s Attitude pembentukan opini publik dari D.E.Rajeck. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif, di mana skala pengukurannya yaitu likert dengan SPSS versi 26 sebagai teknik analisis data. Adapun hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari Agenda-Setting Framing media massa terhadap pembentukan opini publik pengguna media sosial (Facebook & Instagram) tentang konflik etnis Rohingya dengan tingkat signifikansi 5% serta pada nilai koefisiensi determinasi R Square sebesar 61.3% yang berarti antara variabel X (agenda setting dan framing media massa) dan Y (pembentukan opini publik pengguna media sosial) memiliki pengaruh besar yakni pengaruh dalam membangun solidaritas atas dasar isu primordial (kesamaan agama) untuk meningkatkan rasa kemanusiaan guna mengatasi konflik Rohingya baik dengan cara menyalurkan bantuan sosial hingga penanganan politik melalui pendesakkan kepada pemerintah Indonesia untuk memutus hubungan diplomasi Indonesia-Myanmar.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Agenda setting; Framing; Media Massa; Media Sosial; Opini Publik; |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Political Process |
Depositing User: | Ratih Ratih Anissa Milenia Rahma Rahma |
Date Deposited: | 08 Mar 2023 10:02 |
Last Modified: | 08 Mar 2023 10:02 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/65524 |
Actions (login required)
View Item |