Sarah, Siti (2018) Model Problem Solving Laboratory untuk Meningkatkan Keterampian Berpikir Kreatif Peserta Didik pada Materi Suhu dan Kalor. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (101kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (167kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (230kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (1MB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (921kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (121kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAJA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (353kB) | Request a copy |
Abstract
Pada abad 21 saat ini keterampialn berpikir kreatif sangat penting dimiiki oleh peserta didik untuk menghadapi perkembangan teknologi di dunia, dimana setiap peserta didik harus siap bersaing dengan kemampuan dan keterampilan yang dimiliki. Pendidikan Perlu perubahan paradigma agar mempersiapkan peserta didik yang unggul dan kompeten. Berdasarkan hasil studi pendahuluan yang dilakukan di kelas XI MIA MA Al Ahliyah Bakanmaja masih rendahnya keterampilan berpikir kreatif peserta didik yang perlu ditingkatkan. Problem solving laboratory merupakan model pembelajaran yang didasarkan atas permasalahan yang penyelesaiannya dilakukan dengan melakukan praktikum. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi suhu dan kalor. Metode yang digunakan adalah pre-eksperimen dengan desain penelitian One Grup-Pretest Protest. Populasi dari penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIA MA Al Ahliyah sebanyak 27 peserta didik. Keterlaksanaan pembelajaran diperoleh dari lembar observasi aktivitas guru dan peserta didik dan lembar kegiatan peserta didik, sedengkan peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik diperoleh nilai N-gain pretest dn posttest peserta didik. Hasil penelitian menunjukan keterlaksanaan aktifitas guru dan peserta didik berdasarkan lembar observasi dengan persentase rata-rata 89.18% dan 85.25% termasuk katagori sangat baik dan baik. Skor rata-rata lembar kegiatan peserta didik 71.17 termasuk ktaori sedang. Peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik berdasarkan index-Ngain diperoleh Ngain sebesar 0.706 termasuk pada katagori tinggi . terdapat perbedaan peningkatan keterampilan berpikir kreatif didasarkan dari uji Wilcoxon dimana Zhitung (4.54) > ZTabel (1.645). Dengan demikian, model Problem Solving Laboratory dapat dijadikan alternatif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta pada materi suhu dan kalor.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Problem Solving Laboratory; Keterampilan Berpikir Krearif, Suhu dan Kalor |
Subjects: | Elementary Education > Science for Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Fisika |
Depositing User: | Siti Siti Sarah |
Date Deposited: | 08 Mar 2018 02:51 |
Last Modified: | 08 Mar 2018 02:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/6566 |
Actions (login required)
View Item |