Penerapan pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan sikap kewirausahaan pada pewarnaan baju melalui teknik tritik jumputan

Khoirunnisa, Ananda (2024) Penerapan pembelajaran berbasis proyek untuk mengembangkan sikap kewirausahaan pada pewarnaan baju melalui teknik tritik jumputan. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_Cover.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_Abstrak.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_Daftar isi.pdf

Download (240kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_BAB I.pdf

Download (432kB) | Preview
[img] Text
5_BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (407kB)
[img] Text
6_BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text
7_BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (843kB)
[img] Text
8_BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (198kB)
[img] Text
9_Daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan pentingnya mengembangkan sikap wirausaha peserta didik dalam pembelajaran kimia abad 21, salah satu contohnya pewarnaan baju melalui teknik tritik jumputan. Proses kimia yang terjadi pada teknik ini merupakan reaksi substitusi nukleofilik aromatik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran berbasis proyek dan menganalisis sikap kewirausahaan. Metode yang digunakan adalah metode pre-experimental dengan design one-shot case study. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X-2 SMA Negeri 12 Kota Bekasi yang berjumlah 39 orang. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi lembar observasi aktivitas, lembar kerja peserta didik, dan angket sikap kewirausahaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase aktivitas dan nilai rata-rata lembar kerja peserta didik secara keseluruhan mencapai nilai 79 dan 83. Hasil rata-rata angket sikap kewirausahaan peserta didik setelah penerapan pembelajaran berbasis proyek ini mencapai 79, dengan kategori kuat. Berdasarkan keterhubungan antara persentase aktivitas, nilai lembar kerja, dan hasil angket sikap kewirausahaan, dapat disimpulkan bahwa setiap tahap pembelajaran berbasis proyek pada lembar kerja ini dapat mengembangkan sikap kewirausahaan peserta didik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran berbasis proyek; reaksi substitusi nukleofilik aromatik; sikap kewirausahaan; tritik jumputan
Subjects: Production, Industrial Economics > Entrepreneurship
Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Organic Chemistry
Organic Chemistry > Organic Chemical Reactions
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Ananda Khoirunnisa
Date Deposited: 10 Sep 2024 03:28
Last Modified: 10 Sep 2024 03:28
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/65769

Actions (login required)

View Item View Item