Konflik internal dalam tubuh Partai Sarekat Islam Indonesia (PSII) pada tahun 1930-1940: Konflik kepemimpinan elite politik serta tinjauan dampaknya

Ananta, Bagus Bayu (2022) Konflik internal dalam tubuh Partai Sarekat Islam Indonesia (PSII) pada tahun 1930-1940: Konflik kepemimpinan elite politik serta tinjauan dampaknya. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (125kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (107kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (119kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah untuk menganalisis sikap yang diambil partai dalam menjawab setiap kebijakan dari pemerintah kolonial serta menganalisis konflik yang terjadi di PSII, karena pada periode ini terjadi kembali perpecahan di internal PSII. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menjawab dua permasalahan yang diangkat, yakni mengungkap bagaimana kronologis dan latar belakang terjadinya konflik di internal Partai Sarekat Islam Indonesia (PSII) pada tahun 1930-1940 serta analisis dampak yang dialami partai pasca terjadinya konflik tersebut, seperti kondisi partai setelahnya dan respon tiap afdeeling PSII yang berdiri pada masa itu. Metode yang digunakan adalah metode sejarah dengan menggunakan tahapan empat tahapan, yakni Heuristik, Kritik, Interpretasi dan Historiografi. Interpretasi yang digunakan adalah dengan menggunakan pendekatan teori konflik organisasi sehingga kemudian disusun secara kronologis dan menghasilkan sebuah fakta sejarah mengenai peristiwa yang terjadi dalam internal Partai Sarekat Islam Indonesia (PSII) pada tahun 1930-1940. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa konflik yang terjadi di internal Partai Sarekat Islam Indonesia (PSII) pada tahun 1930-1940 disebabkan oleh ketidakmampuan pemimpin dalam mengorganisir dan mengatur organisasinya sehingga menyebabkan perpecahan yang mendorong terjadinya pecat memecat diantara tokoh partai, sehingga terbentuklah golongan baru yang lepas dari induk PSII dengan haluan politik yang berbeda.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: konflik; internal; kronologis; dampak
Subjects: Islam > Islamic History
History of Southeast Asia > History of Indonesia
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Bagus Bayu Ananta
Date Deposited: 14 Mar 2023 04:42
Last Modified: 14 Mar 2023 04:42
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/65883

Actions (login required)

View Item View Item