Pemahaman siswa terhadap materi adab bergaul dengan saudara dan teman hubungannya dengan akhlak mereka sehari-hari

Husaeni, A. Fakhri (2023) Pemahaman siswa terhadap materi adab bergaul dengan saudara dan teman hubungannya dengan akhlak mereka sehari-hari. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (142kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (161kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (307kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (360kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (333kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (118kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (168kB) | Request a copy

Abstract

Berdasarkan permasalahan yang terjadi di MTsN 1 Karawang bahwa pemahaman siswa terhadap materi adab bergaul dengan saudara dan teman itu sangat baik, hal itu dilihat dari prestasi belajar siswa yang mencapai nilai rata-rata diatas KKM hampir 80% siswa, akan tetapi sebagian siswa akhlaknya masih rendah, hal itu dilihat dari perilaku siswa terhadap temannya. Masih ada beberapa siswa yang menjuluki temannya dengan perkataan yang kurang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Pemahaman siswa terhadap materi adab bergaul dengan saudara dan teman; (2) Akhlak Mereka Sehari-Hari; (3) Pemahaman siswa terhadap materi adab bergaul dengan saudara dan teman hubungan dengan Akhlak mereka Sehari-hari. Menurut Muhibbin Syah pemahaman merupakan ranah kognitif yang dapat mengendalikan ranah afektif dan psikomotik (Muhibbin, 2017:48). Dengan demikian keberhasilan pengembangan ranah kognitif tidak hanya akan membuahkan kecakapan kognitif tetapi juga menghasilkan kecakapan ranah afektif (Muhibbin, 2017:53). Dengan begitu siswa yang memiliki pemahaman yang baik terhadap materi adab bergaul dengan saudara dan teman, maka perilaku bullyingnya akan lebih baik. Dari uraian tersebut diambil hipotesis semakin baik pemahaman siswa mengenai materi adab bergaul dengan saudara dan teman, semakin baik pula perilaku Akhlak mereka sehari-hari. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Adapun data penelitian diperoleh dengan teknik, tes, angket dan studi dokumentasi, dengan sampel 31 siswa, yakni 15% dari jumlah populasi 279 siswa kelas IX di MTsN 1 Karawang. Berdasarkan hasil penelitian dapat diketahui bahwa: (1) Pemahaman siswa terhadap materi adab bergaul dengan saudara dan teman skor nilai 83,8, dikategorikan sangat baik; (2) Akhlak Mereka Sehari-hari memiliki skor 4,13, dikategorikan baik; (3) Hubungan pemahaman siswa pada materi adab bergaul dengan saudara dan teman dengan Akhlak mereka sehari-hari adalah a) Koefisen korelasi termasuk dalam kategori sedang berdasarkan skor nilai 0,411, b) Hipotesisnya diterima berdasarkan skor nilai Thitung > Ftabel atau 2,467 > 1,697, c) Derajat pengaruh variable pertama terhadap variable kedua adalah 16,9%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Materi Adab Bergaul; Saudara; Teman dan Akhlak
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: A. Fakhri Husaeni A. Fakhri Husaeni
Date Deposited: 16 Mar 2023 03:10
Last Modified: 16 Mar 2023 03:10
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/66065

Actions (login required)

View Item View Item