Nurlatifah, Cucu (2023) Penerapan model discovery learning berbatuan media cheminosmart pada materi tata nama senyawa anorganik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (79kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf Download (125kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
4_BAB 1.pdf Download (188kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
5_BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (682kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 3)
6_BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (201kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 4)
7_BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (457kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 5)
8_BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (26kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (168kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis aktivitas siswa pada setiap tahapan pembelajaran dengan menerapkan model discovery learning Bberbantuan media cheminosmart, menganalisis peningkatan hasil belajar siswa setela dilaksanakan pembelajaran dengan menerapakan model discovery learning berbantuan media cheminosmart. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-experimental design dengan tipe one group pretest posttest design. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Farmasi SMK Arofah dengan jumlah 22 orang. Instrumen yang digunakan berupa deskripsi pembelajaran, lembar observasi aktivitas siswa, serta perangkat tes untuk mengukur hasil belajar siswa. Data diperoleh dari hasil observasi pada kegiatan pembelajaran dan pemberian skor pada soal pretest dan postest. Hasil penelitian menunjukan aktivitas siswa secara keseluruhan mencapai 85% dengan interpretasi sangat baik. Hasil belajar siswa setelah pembelajaran dengan menerapkan model discovery learning berbatuan media cheminosmart mengalami peningkatan denan nilai N-gain sebesar 0,623 yang termasuk kedalam kategori sedang. Dengan demikian penerapan model discovery learning berbantuan media cheminosmart pada materi tata nama senyawa anorganik dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang ditunjukan dengan nilai rata-rata postest lebih besar dari nilai pretest yaitu 68,5 yang termasuk dalam kategori sedang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Discovery Learning; Cheminosmart; Tata nama senyawa anorganik; Hasil belajar siswa; |
Subjects: | Education > Dictionaries and Encyclopedia of Education Education, Research Chemistry and Allied Science Inorganic Chemistry |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Cucu Nurlatifah |
Date Deposited: | 15 Mar 2023 07:43 |
Last Modified: | 15 Mar 2023 07:43 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/66077 |
Actions (login required)
View Item |