Aulia, Kharisma (2023) Pengembangan bahan ajar matematika terintegrasi nilai-nilai keislaman untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (219kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (227kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (417kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (898kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (433kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (211kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (273kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi dari masih perlu ditingkatkannya kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas VII di SMP Terpadu Al-Mas'udiyah dan belum adanya bahan ajar matematika yang sesuai dengan lingkungan siswa yang berbasis pesantren. Sehingga tujuan dilakukannya penelitian dan pengembangan ini yaitu untuk mengetahui: (1) Proses pengembangan bahan ajar matematika yang terintegrasi nilai-nilai keislaman, (2) Validitas dari bahan ajar matematika yang terintegrasi nilai-nilai keislaman, (3) Efektivitas dari bahan ajar matematika yang terintegrasi nilai-nilai keislaman, (4) Praktikalitas dari dari bahan ajar matematika yang terintegrasi nilai-nilai keislaman, (5) Respon siswa terkait bahan ajar matematika yang terintegrasi nilai-nilai keislaman. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode Research and Development (RnD) dengan model pengembangan Sugiyono yang terdiri dari 10 tahapan yaitu: identifikasi masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, revisi prosuk, dan produk akhir. Adapun hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Proses yang dilakukan sesuai dengan model pengembangan Sugiyono, (2) Validitas bahan ajar matematika terintegrasi nilai-nilai keislaman mendapat persentase ahli materi 1 dan 2 berturut turut sebesar 96% dan 89% dengan kriteria "Sangat Valid", dan ahli agama mendapatkan presentase sebesar 85% dengan kriteria "Sangat Valid". (3) Efektivitas bahan ajar matematika dilatar belakangi oleh kemampuan pemecahan masalah matematis siswa mendapat presentase sebesar 73,3% dengan kriteria " Efektif", hal ini menunjukan bahwa bahan ajar efektif dalam memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah matematis siswa; dan (4) Praktikalitas terhadap bahan ajar yang dikembangkan menunjukan 87,5% kriteria "Sangat praktis", hal ini menunjukan bahwa bahan ajar berifat praktis mudah untuk digunakan (5) Respon siswa terhadap bahan ajar yang dikembangkan menunjukan 87% kriteria “Sangat Baik”, hal ini menunjukan bahwa siswa memberikan respon yang sangat baik terhadap bahan ajar matematika yang terintegrasi nilai-nilai keislaman untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dan penggunaannya dalam proses pembelajaran di sekolah maupun di lingkungannya masing-masing.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan Bahan Ajar; Terintegrasi Nilai-Nilai Keislaman; Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis |
Subjects: | Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Kharisma Aulia |
Date Deposited: | 20 Mar 2023 06:49 |
Last Modified: | 20 Mar 2023 06:49 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/66185 |
Actions (login required)
View Item |