Al Mughoni, Aulia (2023) Implementasi program keagamaan untuk meningkatkan sikap religius Siswa di SMAN 1 Lemahabang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (28kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (78kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (99kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (195kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (324kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (102kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (342kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (85kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (84kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan yang terdapat pada sikap siswa yang selama masa pandemi kurangnya sikap siswa terhadap guru di sekolah dan sangat dikatakan sangat buruk sekali. Hal ini yang melatar belakangi peneliti untuk mencoba melakukan salah satu alternatif kegiatan yang efektif yakni dengan menggunakan program keagamaan yang dilaksanakan di SMAN 1 Lemahabang. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: (1) Program keagamaan di SMAN 1 Lemahabang, (2) implementasi program keagamaan di SMAN 1 Lemahabang, (3) apa saja sikap-sikap religius siswa di SMAN 1 Lemahabang, (4) dampak program keagamaan terhadap sikap religius siswa di SMAN 1 Lemahabang Penelitian ini mengacu pada kerangka pemikiran bahwa perlu diterapkannya sebuah program keagamaan untuk membantu mempermudah dalam proses meningkatkan sikap religius siswa sehingga nantinya mempernudah dalam proses meningkatkan sikap siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh melalui analisis kualitatif dengan cara reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil dari penelitian ini ditemukan bahwa: (1) Program keagamaan yang dimaksud antara lain: Shalat duha berjama’ah, Shalat Dzuhur berjama’ah, membaca dan menghafal Al Qur’an, Shalat Jum’at berjama’ah, Peringatan hari besar islam (PHBI). (2) Implementasi program keagamaan di SMAN 1 Lemahabang karawang adalah telah berjalan dengan baik dengan melalui kegiatan sholat wajib yaitu; sholat djuhur berjama’ah dan sholat jum’at berjama’ah (untuk laki-laki), yang bertujuan untuk meningkatkan peluang diterimanya ibadah shalat, jika dibandingkan dengan shalat munfarid atau yang dilakukan sendiri. (3) Sikap religius siswa adalah sikap yang berhubungan dengan agama. Dari hasil wawancara dan observasi yang dilakukan oleh penulis mengenai sikap religius siswa di SMAN 1 Lemahabang Karawang belum sepenuhnya memiliki sikap agamis, meskipun sebagian sudah ada siswa yang memiliki sikap agamis dalam tindakan kesehariannya. Namun masih banyak juga siswa yang belum mencerminkan sikap religiusnya dalam bertindak. (4) Dampak diadakannya program keagamaan terhadap siswa, siswa melaksanakannya dengan berjama’ah setiap hari dan membaca Al Qur’an secara bersama-sama yang langsung di kontrol oleh para guru, dan di tes hafalan Al Qur’an oleh guru agama untuk menentukan meningkatnya hafalan Al Qur’an dan ketaatan beribdah kepada Allah SWT. Peningkatan dari sikap religius, banyaknya kepuasan yang disampaikan oleh para siswa dengan diterapkannya program keagamaan ini. Kata Kunci : Program keagamaan, Sikap religius, Siswa.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Program keagamaan; Sikap religius; Siswa; |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Aulia Al Mughoni |
Date Deposited: | 27 Mar 2023 07:24 |
Last Modified: | 27 Mar 2023 07:24 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/66382 |
Actions (login required)
View Item |