Nurohmah, Pipih (2023) Pengaruh media Papan Pintar terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia dini : Kuasi eksperimen di kelompok B RA Ash Shiddiq Cileunyi Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (355kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftra Isi.pdf Download (236kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab I.pdf Download (643kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab II.pdf Restricted to Registered users only Download (549kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab III.pdf Restricted to Registered users only Download (399kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab IV.pdf Restricted to Registered users only Download (594kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_Bab V.pdf Restricted to Registered users only Download (357kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (335kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh belum berkembangnya kemampuan kognitif anak, khususnya dalam kemampuan berpikir simbolik anak. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di kelompok B RA Ash Shiddiq Cileunyi Kabupaten Bandung menunjukan bahwa kurang berkembangnya kemampuan berpikir simbolik pada anak. Hal ini dibuktikan dengan adanya siswa/siswi dari 10 anak terhitung enam anak yang menunjukkan keterlambatan dalam mengenal angka dan huruf. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kemampuan berpikir simbolik anak usia dini melalui media papan pintar di kelompok B RA Ash Shiddiq Cileunyi Kabupaten Bandung. (2) Kemampuan berpikir simbolik anak usia dini melalui media Puzzle di kelompok B RA Ash Shiddiq Cileunyi Kabupaten Bandung. (3) Pengaruh media Papan Pintar terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia dini di kelompok B RA Ash Shiddiq Cileunyi Kabupaten Bandung. Penelitian ini didasarkan pada suatu pemikiran bahwa media pembelajaran merupakan kebutuhan bagi anak usia dini yang mana media pembelajaran sangat erat hubungannya dengan dunia pendidikan. Media Papan Pintar merupakan pengembangan media Papan flanel yang membantu dalam proses pembelajaran juga membantu dalam aspek perkembangan kognitif anak khususnya dalam kemampuan berpikir simbolik pada anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan melalui pendekatan kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dengan disain Nonequivalent control group desain dengan pola pretest dan postest dengan pemberian treatment pada kelas B2 16 siswa (kelas ekperimen) dan kelas B1 15 siswa (kelas kontrol) yang dijadikan pembanding. Analisis data dilakukan dengan uji validitas, uji reliabilitas, uji parsial item per indikator, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini sebelum dan sesudah diberikan treatment diperoleh perbedaan pada hasil kemampuan berpikir simbolik. Nilai rata–rata pretest pada kelompok ekperimen di peroleh 44,479 dan kelompok kontrol diperoleh 39,407. Kemudian diberikannya treatmet atau perlakuan pada kelompok eksperimen dengan media Papan Pintar dan kelompok kontrol dengan media Puzzle. Nilai rata–rata postest pada kelas eksperimen diperoleh nilai rata–rata 70,972 dan kelas kontrol 61,333. Nilai yang dihasilkan dari uji hipotesis pada kedua kelas tersebut yaitu t_(hitung ) (3,852) ≥ t_tabel (2,04) dengan db 29 pada taraf signifikansi 5%. Artinya H_0 diterima dan H_I ditolak. Sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari penggunaan media Papan Pintar terhadap kemampuan berpikir simbolik anak usia dini di kelompok B RA Ash Shiddiq Cileunyi Kabupaten Bandung
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Perkembangan Kognitif; Kemampuan Berpikir Simbolik; Media Pembelajaran; Media Pendididkan |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) |
Depositing User: | Pipih Nurohmah |
Date Deposited: | 21 Mar 2023 06:17 |
Last Modified: | 21 Mar 2023 06:17 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/66403 |
Actions (login required)
View Item |