Puspita, Nenden Mela (2023) Penerapan model Blended Learning berbantuan poster interaktif berbasis Canva dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (48kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (90kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (221kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (397kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (322kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (559kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (47kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (179kB) | Request a copy |
Abstract
Kemampuan pemahaman konsep harus dimiliki oleh setiap siswa sebab pemahaman konsep merupakan hal yang penting dalam pembelajaran matematika. Dalam matematika konsep-konsep saling berkesinambungan antara materi yang satu dengan materi yang lainnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui proses pembelajaran dan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis dengan menggunakan model blended learning berbantuan media pembelajaran poster interaktif. Metode yang digunakan yaitu true experiment dengan desain penelitian yaitu Pretest-Posttest Control Group Design. Sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIII-J sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-K sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas terdiri dari 21 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu berupa tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dan lembar observasi. Hasil temuan pada penelitian ini menunjukkan: (a) Gambaran keterlaksanaan aktivitas siswa pada kelas yang menggunakan model pembelajaran blended learning berbantuan poster interaktif berbasis canva mulai dari pertemuan hari pertama hingga selesai hari keempat persentasenya meningkat, sehingga gambaran keterlaksanaan aktivitas siswa dikategorikan baik berdasarkan hasil rata-rata pada lembar observasi; (b) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis antara siswa yang memperoleh model pembelajaran blended learning berbantuan poster interaktif berbasis canva dan pembelajaran konvensional. Hasil yang didapat penggunaan model blended learning kemampuan meningkatkan pemahaman konsep matematis serta akan lebih efektif jika pembelajaran ditunjang menggunakan media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Blended Learning; Poster Interaktif; Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis |
Subjects: | Mathematics > Data Processing and Analysis of Mathematics |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Nenden Mela Puspita |
Date Deposited: | 04 Apr 2023 02:31 |
Last Modified: | 04 Apr 2023 02:31 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/66675 |
Actions (login required)
View Item |