Kurniawan, Dwi (2023) Pengaruh model pembelajaran Hypnoteaching berbantu audio tilawah Al-Qur’an terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi Ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (202kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (310kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (312kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab 1.pdf Download (468kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab 2.pdf Restricted to Registered users only Download (590kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab 3.pdf Restricted to Registered users only Download (539kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab 4.pdf Restricted to Registered users only Download (363kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab 5.pdf Restricted to Registered users only Download (220kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftar pustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (290kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa, sehingga diperlukan suatu model pembelajaran yang menarik untuk menyampaikan pembelajaran agar siswa mampu memahami dengan baik pada belajaran biologi khususnya materi ekosistem. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan pembelajaran, menganalisis peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi, menganalisis pengaruh model pembelajaran Hypnoteaching, dan mendeskripsikan respon siswa terhadap proses pembelajaran menggunakan model pembelajaran Hypnoteaching berbantu audio tilawah Al-Qur’an. digunakan dua kelas yaitu kelas X MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 20 siswa. Berdasarkan analisis hasil keterlaksanaan untuk guru dan siswa termasuk dalam kategori sedang dengan persentase siswa sebesar 79% dan guru 73,3%. Keterampilan berpikir tingkat tinggi pada kelas eksperimen dengan skor perolehan nilai n-gain yaitu 0,43 (sedang) lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol yaitu 0,29 (rendah). Nilai t tabel 2,03 dan nilai t hitung 6,57 yang dimana t hitung > t tabel dengan demikian maka Ho ditolak dan H1 diterima artinya terdapat pengaruh yang positif terhadap keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa. Respon siswa dalam menggunakan model pembelajaran Hypnoteaching didapatkan persentase 84,3% dengan kategori sangat baik. Hypnoteaching berbantu audio tilawah Al-Qur’an dapat meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Model Pembelajaran Hypnoteaching; Audio Tilawah Al-Qur’an; Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa; Ekosistem |
Subjects: | Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Dwi Kurniawan |
Date Deposited: | 02 May 2023 07:13 |
Last Modified: | 02 May 2023 09:03 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/66982 |
Actions (login required)
View Item |