Hanif, Muhamad Alpat Iftikar (2023) Pengaruh pendekatan Science Technology Religion Engineering Arts and Mathematics (STREAM) terhadap kemampuan berpikir analitis siswa pada materi ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (249kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (25kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (224kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (185kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (852kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (907kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (785kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (28kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (250kB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran biologi Abad 21 identik dengan pemecehan masalah yang membutuhkan kemampuan berpikir analitis. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan science, technology, religion, engineering, arts and mathematics (STREAM) terhadap kemampuan berpikir analitis siswa pada materi ekosistem. Metode penelitian menggunakan mix method dengan desain embedded eksperimental design, dan teknik purposive sampling. Hasil penelitian; Keterlaksanaan pembelajaran STREAM memperoleh skor aktivitas guru sebesar 92% (sangat baik) dan aktivitas siswa memperoleh skor 82% (baik). Peningkatan kemampuan berpikir analitis siswa kelas eksperimen mendapatkan skor N-gain sebesar 0,54 (sedang), lebih besar dari skor N-gain kelas kontrol sebesar 0,30 (rendah). Hasil perhitungan uji mann whitney u menunjukan Sig. 0,002 < 0,05 adanya perbedaan signifikan pada kelas eksperimen dan kontrol. Hasil asesmen produk alat peraga jaring-jaring makanan kelas eksperimen dan kontrol dengan kriteria sangat baik sampai kurang, produk siswa dengan kategori (sangat baik) hanya pada kelas eksperimen dengan persentase 40%. Kendala siswa terjadi pada pembuatan produk, memahami permasalahan, ide produk, desain langkah kerja, membuat produk, dan uji terhadap produk. Hasil penelitian menunjukan pendekatan STREAM berpengaruh signifikan terhadap kemampuan berpikir analitis siswa pada materi ekosistem.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ekosistem; Kemampuanan Berpikir Analitis; STREAM |
Subjects: | Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Muhammad Alpat Iftikar Hanif |
Date Deposited: | 22 May 2023 02:51 |
Last Modified: | 22 May 2023 02:51 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/68276 |
Actions (login required)
View Item |