Redianto, Cecep Dian (2017) Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (Lks) Berbasis Model Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem : Penelitian dan Pengembangan pada Siswa kelas X SMA PGRI Rancaekek Kab.Bandung. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_Cover.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf Download (104kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DaftarIsi.pdf Download (142kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_Bab1.pdf Download (455kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_Bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (234kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_Bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (758kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_Bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (108kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DaftarPustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (221kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian dilatarbelakangi untuk mengaktifkan siswa dan memberikan pendalaman materi kepada siswa yaitu dengan menggunakan LKS berbasis inkuiri terbimbing. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah LKS pembelajaran layak digunakan dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan penelitian Research and Development (R&D). Desain uji coba penelitian menggunakan desain One-Shoot Case Study.Uji coba skala kecil dan skala besar dilakukan di SMA PGRI Rancaekek Kabupaten Bandung sebanyak 42 siswa, dengan sampel yang diambil menggunakan teknik Purposive Sampling dengan pertimbangan untuk memperoleh hasil yang baik. Hasil persentase kelayakan LKS berbasis inkuiri terbimbing dari validator media sebesar 84,2% dengan kriteria baik, validator materi sebesar 88,1% dengan kriteria baik, guru biologi sebesar 97,3% dengan kriteria sangat baik dengan jumlah persentase keseluruhan 90,2% kriteria Sangat Baik. Hasil belajar siswa berdasarkan nilai KKM dengan persentase ketuntasan 83% tuntas. Respon siswa terhadap LKS berbasis inkuiri terbimbing dengan persentase 96,8% kriteria sangat dapat diterapkan. Berdasarkan hasil penelitian, pengembangan LKS berbasis inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa pada materi ekosistem untuk kelas X layak dan dapat diterapkan di sekolah sebagai pendukung sumber belajar. Kata kunci: LKS, Inkuiri Terbimbing, Hasil Belajar Siswa, Ekosistem
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | LKS; Inkuiri Terbimbing; Hasil Belajar Siswa; Ekosistem |
Subjects: | Education, Research Biology Biology > Education, Research, Related Topics of Biology |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi |
Depositing User: | Cecep Dian Redianto |
Date Deposited: | 16 Mar 2018 07:38 |
Last Modified: | 16 Mar 2018 07:38 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/6849 |
Actions (login required)
View Item |