Implementasi Speech Recognition Dalam Aplikasi Game Kuis Edukasi Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android

Ahmad Hepril, Subagja (2017) Implementasi Speech Recognition Dalam Aplikasi Game Kuis Edukasi Untuk Anak Usia Dini Berbasis Android. Diploma thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (116kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (110kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (585kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (810kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (109kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (179kB) | Request a copy

Abstract

Tujuan pembuatan aplikasi ini adalah membangun aplikasi yang mampu menarik minat belajar anak dan mampu membantu orang tua, guru dalam membantu belajar anak di dalam dan diluar lingkungan sekolah. Metode Speech recognition atau pengenalan ucapan merupakan teknologi yang mampu mengenali pembicaraan atau perkataan tanpa memperdulikan siapa pembicaranya. Masukan berupa suara mampu diubah menjadi text yang mampu dibaca oleh sistem. Selain melatih pengucapan, Speech recognition juga bisa menjadi media pembelajaran yang baik agar anak mengtahui cara pengucapan yang benar sehingga dapat membantu anak yang mengalami keterlambatan berbicara atau anak yang memiliki gaya belajar visual. Pembelajaran anak usia dini merupakan pendekatan pembangunan yang ditujukan untuk anak sejak lahir hingga usia enam tahun. ini dilakukan melalui pemberian stimulus pendidikan untuk membantu pertumbuhan, perkembangan fisik dan spiritual sehingga anak-anak memiliki kesiapan untuk masuk pendidikan lebih lanjut. Saat ini perkembangan smartphone sudah sangat maju, smartphone bisa menjadi alternatif media untuk pembelajaran anak. peneliti mengimplementasikan speech recognition pada game kuis edukasi untuk anak usia dini berbasis android. Dari pengujian speech recognition yang dilakukan, didapatkan persentasi keberhasilan sebesar 89%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Speech Recognition; Pendidikan Anak usia dini;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities > Project Methods
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Ahmad Hepril Subagja
Date Deposited: 19 Mar 2018 03:37
Last Modified: 19 Mar 2018 03:37
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/6855

Actions (login required)

View Item View Item