Fatmawati, Siti and Irawan, Irawan and Priatna, Tedi (2023) Pengelolaan sains di lembaga pendidikan Islam melalui laboratorium. Pengelolaan Sains di Lembaga Pendidikan Islam Melalui Laboratorium, 5 (2). pp. 364-377. ISSN 2716-4683
|
Text
document (3).pdf Download (780kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan mengenai pengelolaan sains melaui pemanfaatan laboratorium . penelitian ini menggunakan metode deskriftif dengan pendekatan kualitatif Sedangkan teknik pengumpulan datanya yaitu menggunakan lembar observasi dan wawancara. Adapuan hasil penelitiannya yaitu pengelolaan laboratorium sains di MA Ar-Rosyidiyyah belum terlaksana dengan baik dikarenakan belum memenuhi semua kriteria yang tercakup dalam perangkat pengelolaan. Dari ke empat indicator persyaratan pengelolaan laboratorium sains meliputi : 1).Perencanaan 2).Pengorganisasian 3).Pelaksanaan 4).Pengawasan. MA Ar-Rosyidiyyah kota Bandung hanya memiliki 12 kriteria pengelolaan laboratorium sains. Diantara persyaratan yang belum terpenuhi yaitu terbatasnya alat dan bahan menjadi faktor yang kurang efektifnya kegiatan praktikum di sekolah kemudian laboratorium belum mempunyai kepala laboratorium atau laboran sehingga sehingga semuanya dilimpahkan kepada guru mapel.
Item Type: | Article |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pengelolaan Sains; Lembaga Pendidikan Islam; Laboratorium |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities Educational Institutions, Schools and Their Activities > Teachers and Teaching Educational Institutions, Schools and Their Activities > School Laboratories |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tedi Priatna |
Date Deposited: | 29 May 2023 04:42 |
Last Modified: | 29 May 2023 04:42 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/68681 |
Actions (login required)
View Item |