Alfaruqi, Muhamad Hasbi (2023) Pengaruh informasi pada media Instagram terhadap keputusan memilih mahasiswa dalam Pilpres 2019 : Studi kasus mahasiswa FISIP angkatan 2018 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_COVER.pdf Download (214kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_ABSTRAK.pdf Download (232kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_DAFTAR ISI.pdf Download (434kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf Download (503kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (746kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (485kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (738kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (170kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (249kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi fenomena digunakannya media sosial untuk keperluan penyebarluasan informasi atau kampanye mengenai pemilihan presiden pada pilpres 2019. Salah satu dampak kemajuan teknologi informasi adalah hadirnya media sosial yang mendorong percepatan penyampaian informasi menjadi lahan baru untuk digunakan dalam rangka kepentingan politik. Instagram menjadi salah satu media yang menjanjikan untuk keperluan kampanye. Selain karena mudahnya penyebarluasan informasi di instagram, instagram juga digunakan oleh banyak generasi milenial atau gen z sebagai pemilih pemula yang mendominasi jumlah total pemilih pada pilpres 2019. Penggunaan instagram sebagai media kampanye dapat mempengaruhi keputusan memilih dari para penggunanya terutama milenial atau gen z sebagai pemilih pemula. Diantara pemilih pemula yang menyumbang suara adalah kalangan mahasiswa yang termasuk ke dalam generasi milenial atau gen z. Penelitian ini mengkaji pengaruh informasi pada media instagram terhadap keputusan memilih mahasiswa. Objek pada penelitian ini adalah mahasiswa Fisip UIN SGD Bandung, karena dinilai memiliki wawasan tentang politik dan dapat mengolah terlebih dahulu informasi yang mereka dapatkan. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mix method) yakni menggabungkan metode kuantitatif dan kualitatif dengan model Sequential Explanatori. Hasil penelitian menunjukkan bahwa informasi pada media instagram memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keputusan memilih mahasiswa pada pilpres 2019 sebesar 33,4%. Mayoritas responden cenderung semakin yakin terhadap pilihan mereka setelah menerima informasi dari media instagram.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instagram; Keputusan memilih; Pilpres 2019 |
Subjects: | Social Interaction, Interpersonal Relations > Media of Communication, Mass Media Political dan Government Science Political Process > Campaigns for Nominations Political Process > Campaigns and Parties in Indonesia |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Ilmu Politik |
Depositing User: | muhamad hasbi alfaruqi |
Date Deposited: | 19 Jun 2023 02:47 |
Last Modified: | 19 Jun 2023 02:47 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/69531 |
Actions (login required)
View Item |