Pelayanan perizinan UMKM melalui SAKEDAP dalam perspektif Street Level Bureaucracy

Sidik, Muhammad Farid (2023) Pelayanan perizinan UMKM melalui SAKEDAP dalam perspektif Street Level Bureaucracy. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (85kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (233kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (204kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (300kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (351kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (268kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_dafpus.pdf
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy

Abstract

Pelayanan perizinan merupakan salah satu instrumen pemerintah dalam mengendalikan aktivitas usaha pada masyarakat. Berangkat dari hal tersebut perlu adanya perubahan yang berkelanjutan pada lingkup pelayanan perizinan berusaha dengan perubahan dalam pengurusan izin, penyederhanaan izin serta prosedur perizinan yang jelas khususnya di Kota Bandung. Oleh karena itu, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Kota Bandung dalam rangka mendukung kemudahan pelayanan perizinan dan meningkatkan produktivitas usaha menghadirkan SAKEDAP (Sarana Anjungan Kemudahan Perizinan) dengan metode pelayanan jemput bola dan drive thru untuk mendekatkan pelayanan perizinan usaha bagi sektor pelaku UMKM. Sehingga tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tentang street level bureaucracy dalam aktivitas pelayanan perizinan UMKM melalui SAKEDAP. Dalam mengkaji permasalahan penelitian, peneliti menggunakan teori tentang street level bureaucracy dari Michael Lipsky. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi serta triangungasi data. Teknik analisis data yang digunakan adalah dari Creswell yang meliputi mengolah dan pengarsipan data, membaca seluruh data, memulai coding data, menerapkan proses coding, penyajian data dan pembuatan interpretasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa pelaksanaan street level bureaucracy dalam aktivitas pelayanan perizinan UMKM melalui SAKEDAP sudah terlaksana cukup baik sesuai aturan serta kondisi di lapangan. Akan tetapi ada beberapa yang harus diperbaiki yaitu adalah koordinasi dengan wilayah akan kunjungan pelayanan, kurangnya kapasitas sumber daya serta sosialisasi yang belum massif dilakukan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Perizinan Usaha; Legalitas Usaha; Kemudahan; Petugas; Interaksi;
Subjects: Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Participation
Social Interaction, Interpersonal Relations > Social Interactions between Groups
Public Administration > Public Administration in Indonesia
Administration of Economy > Administration of Communications
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Administrasi Publik
Depositing User: Muhammad Farid Sidik
Date Deposited: 26 Jun 2023 07:18
Last Modified: 26 Jun 2023 07:18
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/69587

Actions (login required)

View Item View Item