Faruk, Rusdiana (2023) Efektivitas media poster tajwid hukum nun mati dan tanwin untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa pada mata pelajaran PAI : Penelitian quasi eksperimen terhadap siswa kelas IV SDN Giriharja. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (281kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (351kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (378kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (410kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (934kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (749kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (360kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (467kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan yang terdapat pada rata-rata kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di kelas IV SDN Giriharja kabupaten Bandung yang masih kurang dari kriteria. Media pembelajaran yang digunakan sebelumnya lebih berpusat pada guru dan cenderung membuat siswa menjadi pasif selama proses pembelajaran. Hal ini menyebabkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa masih kurang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas media poster tajwid nun mati dan tanwin untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa pada mata pelajaran PAI di kelas IV di SD Negeri Giriharja. Media poster adalah suatu media gambar yang dapat menarik perhatian siswa, karena memiliki beragam gambar serta warna dengan menggunakan Bahasa yang padat, jelas dan ajakan untuk memahami suatu pelajaran. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian one group pretest postest design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri Giriharja. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah responden 84 siswa atau dilakukan pada 2 kelas. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah unjuk kerja yaitu berupa tes kemampuan membaca Al-Qur'an, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan data hasil penelitian dianalisis melalui uji N-gain, dan uji beda meliputi uji normalitas, homogenitas dan uji t menggunakan program SPSS versi 25 for windows. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kemampuan membaca Al-Qur'an kelas eksperimen pretest siswa sebesar 59 dan kemampuan membaca Al-Qur'an postest siswa sebesar 82. Berdasarkan penelitian hasil uji t menggunakan program SPSS versi 25 for Windows nilai signifikansi sebesar 0,00 < 0,05 dengan demikian penerapan media poster tajwid hukum nun mati dan tanwin lebih baik dibandingkan dengan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa pembelajaran PAI materi Q.S Al-Falaq dan Q.S Al-fil menggunakan power point dan didukung dengan hasil uji N-gain sebesar 0,56 dengan kategori sedang artinya peningkatan kemampuan membaca Al-Qur'an siswa dengan menggunakan media poster tajwid hukum nun mati dan tanwin cukup efektif dan baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kemampuan Membaca Al-Qur’an; Media Poster; PAI |
Subjects: | Islam > Islamic Religious Education Elementary Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Rusdiana Faruq |
Date Deposited: | 26 Jun 2023 04:58 |
Last Modified: | 26 Jun 2023 04:58 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/69769 |
Actions (login required)
View Item |