Hubungan antara aktivitas bermain kartu huruf dengan minat membaca pada anak usia dini : Penelitian di kelompok B RA Al Falah Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung

Juliani, Ade Rila (2020) Hubungan antara aktivitas bermain kartu huruf dengan minat membaca pada anak usia dini : Penelitian di kelompok B RA Al Falah Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (123kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (100kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (68kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (233kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (228kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (314kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (100kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (177kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena yang terjadi di lapangan bahwa penggunaan bermain kartu huruf dalam pembelajaran sering digunakan dan sudah efektif, hal ini terlihat dari keterlibatan peserta didik dalam pembelajaran seperti : Bermain kartu huruf untuk menarik minat membaca pada anak. Namun pada kenyataannya masih ada sebagian anak dalam hal minat membaca masih tergolong rendah yang terlihat dari kemampuan kompetensi yang masih sekitar 20%. Karena masih ada sebagian peserta didik yang memang merasa tertarik dan merasa senang dengan kegiatan tersebut tetapi sebagian peserta didik merasa tidak tertarik dan mereka menjadi pasif. Tujuan penelitian ini adalah (1) aktivitas bermain kartu huruf di kelompok B RA Al Falah Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung, (2) minat membaca pada anak usia dini di Kelompok B RA Al Falah Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung, (3) hubungan antara aktivitas bermain kartu huruf dengan minat membaca pada anak usia dini di Kelompok B RA Al Falah Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung. Kartu huruf adalah sekumpulan huruf-huruf yang terdapat dalam potongan kertas atau papan yang terdiri dari huruf A-Z. Membaca adalah suatu proses yang dilakukan serta dipergunakan oleh pembaca untuk memperoleh pesan yang hendak disampaikan oleh penulis melalui sebuah media. Minat membaca adalah suatu perasaan atau kegemaran terhadap suatu kegiatan yang timbul melalui rangsangan atau stimulus sehingga menimbulkan suasana menyenangkan dalam hal ini yaitu membaca. Aktivitas bermain katu huruf dapat meningkatkan minat membaca pada anak usia dini karena dengan menggunakan kartu huruf kegiatan membaca menjadi menyenangkan dan membuat anak lebih tertarik untuk berlatih membaca. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, karena dalam penelitian ini data didalamnya berupa angka-angka. Data penelitian ini diperoleh melalui penilaian dengan observasi dan dokumentasi dengan jumlah responden 17 anak.. Keabsahan data dianalisis secara deskriptif dengan analisis parsial dan analisis korelasi. Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas bermain kartu huruf berada pada kategori baik dengan nilai 74,87 yang masuk pada interval 79 - 70, sedangkan minat membaca pada anak usia dini berada pada kategori sangat baik dengan nilai 87,6 yang masuk pada interval 80 – 100. Hubungan antara aktivitas bermain kartu huruf dengan minat membaca pada anak usia dini di kelompok B RA Al Falah Kecamatan Pangalengan Kabupaten Bandung berada pada kategori sangat kuat atau sangat tinggi dengan harga korelasi 0,869 yang berada pada interval korelasi 0,800 – 1,000. Kontribusi yang diberikan aktivitas bermain kartu huruf terhadap minat membaca pada anak usia dini yaitu sebesar 56% dan sisanya 44% dipengaruhi oleh faktor lain.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: aktivitas bermain; kartu huruf; minat membaca;
Subjects: Educational Institutions, Schools and Their Activities
General Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Ade Rila Juliani
Date Deposited: 06 Jul 2023 04:29
Last Modified: 06 Jul 2023 04:29
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70246

Actions (login required)

View Item View Item