Fauzan, Mochamad Naufal (2023) Persepsi siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler keagamaan hubungannya dengan pembentukan karakter religius mereka : Penelitian pada siswa kelas 7D dan 7E SMP Al-Amanah Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (162kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (180kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (457kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (455kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (750kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (274kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (390kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya kesenjangan antara kondisi yang diharapkan dengan kondisi yang ada pada siswa SMP Al-Amanah. Di satu sisi, kegiatan ekstrakurikuler keagamaan (Rohis) sudah berjalan dengan baik mengarah pada pembentukan karakter religius. Hal ini dibuktikan dengan perubahan karakter religius siswa menjadi lebih baik dan masih terus diperbaiki, namun pada kenyataannya, masih ada siswa berbicara kasar, bacaan Al-Quran masih terbilang kurang baik, dan interaksi antara siswa laki-laki dengan siswa perempuan masih kurang terjaga; Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Persepsi siswa tentang kegiatan ekstrakurikuler Rohis SMP Al-Amanah, 2) Realitas pembentukan karakter religius peserta didik SMP Al-Amanah, 3) Sejauh mana pengaruh kegiatan ekstrakurikuler Rohis terhadap pembentukan karakter religius peserta didik kelas 7D dan 7E SMP Al-Amanah; Penelitian ini berdasarkan pada pemikiran bahwa terdapat hubungan antara kegiatan ekstrakurikuler keagamaan (Rohis) dengan pembentukan karakter religius siswa di SMP Al-Amanah. Oleh karena itu, hipotesis yang diajukan adalah semakin baik persepsi siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler keagamaan (Rohis), maka semakin semakin baik pula pembentukan karakter religius siswa. Begitu pun sebaliknya; Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Sampelnya diambil sebanyak 40 siswa dari jumlah populasi 420 siswa kelas 7D dan 7E SMP Al-Amanah Bandung. Sumber data penelitian ini didapat melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis parsial dan korelasi; Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Persepsi siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler keagamaan (Rohis) berkategori sangat tinggi dengan nilai rata-rata 4,99 yang berada pada interval 4,20-5,00. 2) Realitas pembentukan karakter religius SMP Al-Amanah berkategori tinggi dengan nilai rata-rata 4.01 yang berada pada interval 3,40-4,19. 3) Pengaruh kegiatan ekstrakurikuler keagamaan terhadap pembentukan karakter religius di SMP Al-Amanah memiliki nilai signifikansi 0,007, sedangkan derajat hubungannya sedang yaitu 0,420 dengan arah hubungan positif. Berdasarkan hasil perhitungan, thitung sebesar 2,899 > ttabel sebesar 0,320. Dengan demikian H0 (hipotesisi nol) ditolak dan Ha (hipotesis alternatif) diterima yaitu terdapat hubungan antara persepsi siswa terhadap kegiatan ekstrakurikuler keagamaan dengan pembentukan karakter religius siswa siswa kelas 7D dan 7E SMP Al-Amanah Bandung;
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Ektrakurikuler keagamaan; pembentukan karakter religius siswa; |
Subjects: | Islam > Islam and Religions of Indic Origin Educational Institutions, Schools and Their Activities Buildings for Religious Architecture |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mochamad Naufal Fauzan |
Date Deposited: | 12 Jul 2023 01:32 |
Last Modified: | 12 Jul 2023 01:32 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70539 |
Actions (login required)
View Item |