Maulyna, Alin (2023) Analisis konseling dalam menghadapi anak korban Broken Home : Studi kasus di SMP Islam Terpadu Ar-Ridlo Jatiwangi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text
1_cover.pdf Download (66kB) | Preview |
|
|
Text
2_abstrak.pdf Download (201kB) | Preview |
|
|
Text
3_daftarisi.pdf Download (398kB) | Preview |
|
|
Text
4_bab1.pdf Download (642kB) | Preview |
|
Text
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (723kB) | Request a copy |
||
Text
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) | Request a copy |
||
Text
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (629kB) | Request a copy |
||
Text
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (222kB) | Request a copy |
||
Text
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (452kB) | Request a copy |
Abstract
Keluarga merupakan rumah yang paling utama bagi setiap anak. Akan tetapi, ada banyak anak yang tidak menemukan kenyamanan dan kehangatan dalam sebuah keluarga, peristiwa seperti ini dikenal dengan istilah keluarga broken home. Kajian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh munculnya permasalahan-permasalahan pada siswa-siswi yang memiliki status dari keluarga broken home. Hal ini disebabkan karena kondisi keluarga broken home, dan tidak ada pendukung seperti peran orangtua atau keluarga dalam menangani permasalahan yang terjadi, sehingga permasalahan tersebut berdampak negatif pada fisik, psikis, dan sosial. Dalam mengatasi permasalahan ini, konseling merupakan salah satu cara yang tepat untuk mengarahkan atau mendukung anak korban broken home di SMP Islam Terpadu Ar-Ridlo Jatiwangi dalam memberikan bantuan bimbingan dan nasihat untuk permasalahannya. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) bagaimana gambaran permasalahan pada anak korban broken home di SMP Islam Terpadu Ar-Ridlo Jatiwangi, 2) bagaimana proses penerapan konseling di SMP Islam Terpadu Ar-Ridlo Jatiwangi, 3) bagaimana peran konseling terhadap anak korban broken home di SMP Islam Terpadu Ar-Ridlo Jatiwangi. Tujuan penelitian ini adalah: 1) mengidentifikasi gambaran permasalahan pada anak korban broken home di SMP Islam Terpadu Ar-Ridlo Jatiwangi, 2) mengidentifikasi proses penerapan konseling di SMP Islam Terpadu Ar-Ridlo Jatiwangi, 3) mengidentifikasi peran konseling terhadap anak korban broken home di SMP Islam Terpadu Ar-Ridlo Jatiwangi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, serta menggunakan tiga teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Serta menggunakan pedoman dokumentasi berupa catatan dan gambar yang mendukung penelitian. Adapun sumber data utama pada penelitian ini adalah tiga anak korban broken home, dan guru-guru yang bersangkutan yaitu kepala sekolah, guru BK, dan wali kelas. Serta menggunakan sumber lain seperti buku, website, jurnal, dan penelitian terdahulu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa permasalahan anak korban broken home yaitu cenderung pada gangguan emosional seperti pemalu, mudah marah, cemas, dan depresi. Proses konseling dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu pengenalan dan menciptakan hubungan, mengeksplorasi diri dan masalah, mengidentifikasi penyebab dan jenis masalah, memberi obat yang sesuai dengan penyakit (solusi), dan penilaian. Konseling di SMP Islam Terpadu Ar-Ridlo Jatiwangi memiliki peran penting terhadap anak korban broken home karena berperan sebagai tempat untuk mencurahkan permasalahan yang dialami sehingga menjadi lebih lega, percaya diri, mampu berdamai dan menerima keadaan sebagai anak korban broken home, mampu menyesuaikan diri dan lingkungan, dan sebagainya.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Broken home; Konseling |
Subjects: | Applied Psychology > Counseling and Interviewing |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Tasawuf dan Psikoterapi |
Depositing User: | Alin Maulyna |
Date Deposited: | 11 Jul 2023 08:39 |
Last Modified: | 11 Jul 2023 08:39 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70685 |
Actions (login required)
View Item |