Analisis faktor yang mempengaruhi perbedaan perilaku individu saat di dalam dan di luar rumah dalam perspektif Dramaturgi : Penelitian pada mahasiswa asal Jakarta Sosiologi Angkatan 2019 UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Phelia, Rifqa Hana (2023) Analisis faktor yang mempengaruhi perbedaan perilaku individu saat di dalam dan di luar rumah dalam perspektif Dramaturgi : Penelitian pada mahasiswa asal Jakarta Sosiologi Angkatan 2019 UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (45kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (124kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (192kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (181kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (366kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (60kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya perbedaan perilaku pada mahasiswa Sosiologi Angkatan 2019 UIN Bandung asal Jakarta saat berada di lingkungan dalam rumah dan di luar rumah. Adanya perbedaan perilaku pada individu dikarenakan oleh faktor-faktor yang membuat individu tersebut menjadi orang yang berbeda saat berada di lingkungan tertentu yaitu faktor-faktor dari lingkungan keluarga dan pertemanan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan perilaku apa saja yang ada pada mahasiswa Sosiologi Angkatan 2019 UIN Bandung asal Jakarta saat berada di dalam dan di luar rumah dan untuk menjelaskan faktor apa saja yang membuat perilaku para mahasiswa Sosiologi Angkatan 2019 UIN Bandung asal Jakarta saat di luar dan di dalam rumah menjadi berbeda. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori dramaturgi oleh Erving Goffman yang memaparkan pentas pertunjukan drama sebagai perumpamaan dari kehidupan. Manusia diumpamakan sebagai aktor yang menggunakan pertunjukan drama di atas panggung yang merupakan perumpamaan dalam kehidupan sehari-hari untuk memberikan kesan kepada penonton. Dalam teori dramaturgi terdapat dua bagian, Front stage atau panggung depan yang digambarkan seperti seorang individu saat berada di lingkungan yang ia jaga citra dirinya dan back stage atau panggung belakang digambarkan seperti individu saat berada disekitar lingkungan yang ia merasa ia dapat menjadi dirinya sendiri. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis data kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Data dikumpulkan melalui wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan, dan kajian pustaka. Setelah itu data dianalisis melalui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data kemudian penarikan kesimpulan dari hasil penelitian yang dilakukan peneliti. Hasil penelitian menunjukan bahwa setiap individu memiliki pilihan masing-masing untuk menampilkan apa yang dirinya ingin tampilkan di hadapan lingkungan. Beberapa memilih menampilkan sisi front stage dan beberapa memilih untuk menampilkan sisi back stage perilaku mereka baik di dalam rumah maupun luar rumah. Kemudian beberapa faktor yang mempengaruhi adanya perbedaan perilaku yaitu Suasana di dalam dan di luar rumah, perasaan individu saat di dalam dan di luar rumah, peran yang diberikan oleh keluarga dan teman, dan pola interaksi dan komunikasi dengan lingkungan rumah dan luar rumah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Analisis Faktor; Perilaku Individu; Perspektif Dramaturgi
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Rifqa Hana Phelia
Date Deposited: 12 Jul 2023 01:26
Last Modified: 12 Jul 2023 01:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/70758

Actions (login required)

View Item View Item