Minat menjadi petani di kalangan anak muda di tengah industrialisasi di Desa Sukasirna Kecamatan Sukaluyu Kabupaten Cianjur

Sanwani, Agung (2023) Minat menjadi petani di kalangan anak muda di tengah industrialisasi di Desa Sukasirna Kecamatan Sukaluyu Kabupaten Cianjur. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (46kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (50kB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (87kB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (174kB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (89kB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (47kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (129kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas tentang minat menjadi petani di kalangan anak muda di tengah industrialisasi di Desa Sukasirna. Penelitian ini juga membahas mengenai faktor yang melatarbelakanginya dan bagaimana kawasan industri mempengaruhi minat menjadi petani di kalangan anak muda. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui minat anak muda terhadap sektor pertanian di tengah perkembangan industri. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan oleh kawasan industri terhadap antusiasme minat anak muda terhadap sektor pertanian yang ada di Desa Sukasirna, Kecamatan Sukaluyu, Kabupaten Cianjur. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori pilihan rasional dari James Coleman. Teori pilihan rasional mencoba melihat fenomena minat menjadi petani di kalangan anak muda dalam 2 (dua) aspek yaitu: aktor (anak muda) dan sumber daya (sektor pertanian, sektor industri, dan sektor lainnya). Dalam mengkaji fenomenan tersebut metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Informan dalam penelitian ialah masyarakat sekitar Desa Sukasirna yang berusia 20 tahun sampai dengan 30 tahun. Hasil penelitian menunjukan bahwa industrialisasi yang terjadi di Desa Sukasirna menyebabkan adannya alih fungsi lahan dari sektor pertanian menjadi sektor industri. Dampak adanya alih fungsi lahan memberikan perubahan terhadap berbagai aspek kehidupan masyarakat, salah satu dampak tersebut adalah antusiasme minat anak muda terhadap sektor pertanian yang menurun. Dalam penelitian ini anak muda cenderung lebih memilih bekerja di sektor industri atau sektor lain. Anak muda tersebut tidak serta merta menentukan pilihan tanpa adanya pertimbangan-pertimbangan terlebih dahulu, anak muda menentukan pilihannya atas dasar untung rugi dalam mencapai tujuannya. Dari hasil penelitian ini juga ditemukan bahwa faktor yang menjadi pertimbangan anak muda untuk bekerja di sektor pertanian, seperti: a). tujuan, anak muda memiliki sesuatu yang diingin dicapai, tentunya dalam mancapai sesuatu tersebut diperlukan sumber daya yang bisa dimanfaatkan. b). keuntungan, dalam memilih sumber daya tersebut anak muda akan melihat dari segi keuntunganya, bila sumber daya tersebut menguntungkan maka itu yang akan dipilih oleh anak muda. b). lingkungan, lingkungan ini berpengaruh terhadap dukungan dan dorongan untuk memanfaatkan sumber daya yang tersedia. Penelitian ini juga membuktikan bahwa aktor dalam teori pilihan rasional akan mempertimbangkan sumber daya yang tersedia dengan sebaik mungkin supaya dapat mecapai tujuan yang diinginkan. Oleh sebab itu, dengan perhitungan yang jelas aktor akan mementukan pilihannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Anak muda; industrialisasi; minat; sektor pertanian.
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Agung Sanwani
Date Deposited: 17 Jul 2023 05:58
Last Modified: 17 Jul 2023 05:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71308

Actions (login required)

View Item View Item