Kajian Historiografi buku runtuhnya kerajaan Hindu-Jawa dan timbulnya Negara-Negara Islam di Nusantara karya Slamet Muljana

Nurfauzah, Nadila Aulia (2023) Kajian Historiografi buku runtuhnya kerajaan Hindu-Jawa dan timbulnya Negara-Negara Islam di Nusantara karya Slamet Muljana. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (16kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (229kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (220kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (376kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (214kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini akan mengkaji secara historiografis mengenai karya Slamet Muljana yang berjudul Runtuhnya Kerajaan Hindu-Jawa dan Timbulnya Negara- negara Islam di Nusantara. Buku ini menarik untuk dikaji karena memberikan sumbangan baru terhadap historiografi Indonesia dan terdapat gagasan yang kontroversial mengenai peran orang Tionghoa dalam Islamisasi di Nusantara. Tujuan dan rumusan masalah pada penelitian ini adalah untuk mengetahui biografi dan karya Slamet Muljana serta untuk mengetahui analisis historiografi buku Runtuhnya Kerajaan Hindu-Jawa dan Timbulnya Negara-negara Islam di Nusantara karya Slamet Muljana. Adapun metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian sejarah yang terdiri dari pengumpulan sumber (heuristik), kritik atau verifikasi sumber, interpretasi, dan historiografi. Hasil dari penelitian ditemukan bahwa Slamet Muljana adalah seorang sejarawan dan filolog. Ia banyak melahirkan karya dalam bidang sejarah dan bahasa. Buku Runtuhnya Kerajaan Hindu-Jawa dan Timbulnya Negara-negara Islam di Nusantara menjelaskan tentang masa-masa keruntuhan kerajaan Hindu di Jawa, dalam hal ini Majapahit dan munculnya negara Islam seperti Demak, Mataram, dan Pajang. Selain itu menjelaskan keterkaitan orang-orang Tionghoa dalam proses Islamisasi di Nusantara, terutama di Jawa. Metode penulisan yang digunakan oleh Slamet Muljana dalam buku ini didasarkan pada pendekatan historiografi modern dengan penggunaan sumber-sumber primer. Slamet Muljana juga melakukan kajian interdisipliner dengan memanfaatkan sumber-sumber antropologi, arkeologi, dan linguistik dalam penelitiannya.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: historiografi; Hindu Jawa; Islamisasi; Slamet Muljana
Subjects: Critical Appraisal of More Than Two Literatures
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Program Studi Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Nadila Aulia Nurfauzah
Date Deposited: 18 Jul 2023 01:51
Last Modified: 18 Jul 2023 01:51
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71363

Actions (login required)

View Item View Item