Agustiani, Azizah (2023) Pendidikan keluarga dalam membentuk karakter remaja : Penelitian tentang interaksi pada keluarga di RT 04 RW 02 Desa Cipatat Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (47kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (98kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (88kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (180kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (231kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (131kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (57kB) |
Abstract
“Pendidikan Keluarga dalam Membentuk Karakter Remaja (Penelitian Tentang Interaksi pada Keluarga di RT 04 RW 02 Desa Cipatat Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat)” Keluarga merupakan lingkungan pertama dan utama bagi seorang anak karaena tugasnya meletakkan dasar-dasar pertama bagi perkembangan anak sebelum mereka berada di lingkungan yang lebih luas. Keluarga merupakan ujung tombak dalam pembentukan karakter anak karena keluarga mempunyai peranan paling penting dalam pendidikan anak. Pembentukan karakter pada usia remaja sangat penting, karena di masa remaja ini adalah masa transisi dari masa kanak-kanak menuju masa dewasa. Masa ini merupakan masa sulit bagi remaja sehingga memerlukan pengendalian diri yang kuat, yaitu salah satunya di lingkungan keluarga. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pendidikan keluarga pada remaja, karakter remaja dan hasil yang dicapai Pendidikan keluarga dalam pembentukan karakter di kalangan remaja RT 04 RW 02 Desa Cipatat Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksi simbolik George Herbert Mead. Mead menjelaskan bahwa manusia memiliki kemampuan untuk berkomunikasi satu sama lain menggunakan simbol. Dalam hal ini, proses pendidikan keluarga dalam membentuk karakter anak remaja melalui tahapan kerangka interaksi simbolik yaitu diri (self), interaksi (society) dan pikiran (mind). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dalam penelitian ini dihasilkan dari data primer dengan perangkat Desa Cipatat, wawancara dengan keluarga, remaja dan masyarakat di RT 04 RW 02 Desa Cipatat Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat dan dokumentasi wawancara yang dilakukan oleh peneliti serta dilengkapi data sekunder berupa referensi buku yang relevan dengan tema penelitian. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa (1) proses pendidikan keluarga cukup berpengaruh dalam pembentukan karakter di kalangan remaja (2) Adapun sistem pembinaan menghasilkan tingkat kemandirian, tanggungjawab, kejujuran, kedisiplinan, religius, menghargai dan menghormati terhadap sosial dalam kehidupan keseharian remaja di RT 04 RW 02 Desa Cipatat Kecamatan Cipatat Kabupaten Bandung Barat.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pendidikan keluarga; pembentukan karakter; remaja |
Subjects: | Education > Sociology of Education |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi |
Depositing User: | Azizah Faujiah Agustiani |
Date Deposited: | 18 Jul 2023 01:41 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 01:41 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71388 |
Actions (login required)
View Item |