Pengaruh Net Working Capital (NWC) dan Net Income (NI) terhadap Total Aset yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi kasus di PT. Bayan Resource Tbk periode 2013 - 2022

El ahmed, Haiffa Azzahra (2023) Pengaruh Net Working Capital (NWC) dan Net Income (NI) terhadap Total Aset yang terdaftar di Indeks Saham Syariah Indonesia (ISSI) : Studi kasus di PT. Bayan Resource Tbk periode 2013 - 2022. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_COVER.pdf

Download (61kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (205kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (256kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB1.pdf

Download (254kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (569kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (157kB)
[img] Text (BAB VI)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh persaingan dalam berbisnis yang berlomba – lomba untuk meningkatkan kinerja perusahannya serta mendapatkan keuntungan yang sebesar besarnya di banding perusahaan lainnya. Salah satu faktor rasio profitabilitas yang di proksikan dengan Total Aset serta rasio keuangan lain yang menjadi variabel kontrolnya seperti rasio likuiditas yang di proksikan Net Working Capital dan rasio profitabilitas yang diproksikan Net Income (NI). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Net Working Capital (NWC) secara parsial terhadap Total Aset: Menganalisis pengaruh Net Income (NI) secara parsial terhadap Total Aset dan menganalisis pengaruh Net Working Capital (NWC) dan Net Income (NI) secara simultan terhadap Total Aset pada PT. Bayan Resource Tbk. Kerangka berpikir yang di gunakan didalam penelitian ini merujuk pada beberapa pendapat para ahli dan hasil penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa naik turunnya Net Working Capital (NWC) dan Net Income (NI) berpengaruh terhadap Total Aset. Karena jika masing-masing variabel mengalami pada kenaikan Net Working Capital (NWC) dan Net Income (NI) otomatis variabel Total Aset mengalami kenaikan. Begitupun sebaliknya jika masing-masing variabel mengalami penurunan pada Net Working Capital (NWC) dan Net Income (NI) otomatis variabel Total Aset mengalami penuruna. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode desktiptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang di gunakan adalah data sekunder runtun waktu (time series) yang dibuat dari laporan keuangan annual report PT. Bayan Resource Tbk periode 2013 – 2022. Teknik analisis yang di gunakan adalah dengan uji asumsi klasik, analisis deksriptif serta analisis asosiatif. Adapun pengolahan data menggunakan SPSS For Windows Version 29 dan Microsoft Excel 2016. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial Net Working Capital (NWC) tidak berpengaruh negatif terhadap Total Aset. Hal ini ditujukan koefisien determinasi sebesar 37,4% . Hal ini membuktikan bahwa pemberlakuan akad salam yang sesuai teori manajemen keuangan yariah. Secara parsial Net Income (NI) berpengaruh positif terhadap Total Aset. hal ini ditujukan koefisien determinasi sebesar 85,9%. Hal ini membuktikan bahwa pemberlakuan akad rahn yang sesuai teori manajemen keuangan syariah. Secara simultan Net Working Capital (NWC) dan Net Income (NI) berpengaruh positif terhadap Total Aset yang ditujukan koefisien determinasi sebesar 86,3%. Hal ini membuktikan bahwa pemberlakuan akad murabahah yang sesuai teori manajemen keuangan syariah pada PT. Bayan Resource Tbk . periode 2013-2022.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Net Working Capital; Net Income; Total Aset
Subjects: Islam
Islam > Islam and Economics
Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: El ahmed Haiffa Azzahra
Date Deposited: 20 Jul 2023 07:56
Last Modified: 20 Jul 2023 07:56
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71700

Actions (login required)

View Item View Item