Pengaruh Net Premium Income dan Investment Income terhadap Total Comprehensive Income pada PT. Asuransi Multi Artha Guna Tbk periode 2012-2021

Sakinah, Hira (2023) Pengaruh Net Premium Income dan Investment Income terhadap Total Comprehensive Income pada PT. Asuransi Multi Artha Guna Tbk periode 2012-2021. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (24kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (251kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (287kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (453kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (322kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (561kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (27kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy

Abstract

Net Premium Income merupakan pendapatan yang diperoleh perusahaan asuransi dari pihak tertanggung atas pembayaran premi tiap bulannya dengan jumlah sesuai kontrak yang dilakukan. Kemudian Investment Income merupakan penanaman modal dari investor kepada perusahaan agar diperoleh nilai yang lebih tinggi di masa depan. Apabila Net Premium Income meningkat dan Investment Income juga tinggi maka mempengaruhi terhadap laba perusahaan, yang dimana Comprehensive Income ini merupakan keseluruhan keuntungan perusahaan yang diperoleh baik dari kegiatan operasional maupun non-operasional perusahaan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah pengaruh Net Premium Income secara parsial terhadap Total Comprehensive Income; menganalisis pengaruh Investment Income secaa parsial terhadap Total Comprehensive Income; menganalisis pengaruh Net Premium Income dan Investment Income secara simultan terhadap Total Comprehensive Income. Kerangka pemikiran penelitian ini berdasarkan pada teori apabila Net Premium Income dan Investment Income berpengaruh positif terhadap Total Comprehensive Income, artinya apabila Net Premium Income dan Investment Income naik, maka Total Comprehensive Income mengalami kenaikan, begitupun sebaliknya apabila Net Premium Income dan Investment Income turun maka, Net Premium Income dan Investment Income Mengalami Penurunan. Metode penelitian dalam penyusunan skripsi ini yaitu menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Data ini diambil dari annual report secara online yang bersumber dari web PT. Asuransi Muti Artha Guna periode 2012-2021. Teknis penelitian dilakukan dengan cara analisis deskriptif, asumsi klasik, uji asosiatif, dan uji signifikasi mulai secara parsial juga simultan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial Net Premium Income tidak berpengaruh terhadap Total Comprehensive Income dengan perhitungan uji t diperoleh hasil -686 < 2.306. Secara parsial Investment Income secara parsial berpengaruh terhadap Total Comprehensive Income dengan perhitungan uji t diperoleh hasil 2.627 > 2.306. Secara simultan Net Premium Income dan Investment Income tidak berpengaruh terhadap Total Comprehensive Income dengan perhitungna uji F diperoleh hasil perbandingan 3.079 > 4,737 pada PT. Asuransi Multi Artha Guna.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Net Premium Income; Investment Income; Total Comprehensive Income
Subjects: Islam
Islam > Islam and Economics
Accounting
Accounting > Financial Reporting
Accounting > Analitycal Accounting, Financial Accounting
General Management
General Management > Financial Management
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Program Studi Manajemen Keuangan Syariah
Depositing User: Hira Sakinah
Date Deposited: 21 Jul 2023 05:26
Last Modified: 21 Jul 2023 05:26
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/71893

Actions (login required)

View Item View Item