Fatimah, Siti (2023) Pembuatan Game interaktif berorientasi literasi lingkungan pada materi pencemaran air. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (243kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (198kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (121kB) | Preview |
|
|
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf Download (482kB) | Preview |
|
Text (BAB 2)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (473kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 3)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (492kB) | Request a copy |
||
Text (BAB 4)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (373kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (491kB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tampilan, analisis hasil uji validasi, dan analisis hasil uji kelayakan game interaktif berorientasi literasi lingkungan pada materi pencemaran air. Penelitian ini menggunakan metode DBR (Design Based Research) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, evaluation) melalui tahap pendahuluan (Analisis dan pemahaman materi), perancangan (pembuatan produk awal), dan pengembangan (uji validasi dan uji kelayakan produk). Produk yang dihasilkan berupa game interaktif berorientasi literasi lingkungan pada materi pencemaran air. Uji validasi dilakukan oleh tiga validator dari dosen ahli materi dan ahli media. Rata-rata nilai rhitung hasil uji validasi pada aspek materi, aspek bahasa, dan aspek tampilan (media) diperoleh masing-masing sebesar 0,85; 0,92; 0,84; dan secara keseluruhan diperoleh nilai rhitung sebesar 0,87, sehingga dinyatakan valid dengan nilai interpretasi tinggi. Selanjutnya, uji kelayakan kepada 15 mahasiswa pendidikan kimia yang telah mengambil mata kuliah kimia lingkungan. Rata-rata nilai hasil uji kelayakan dari semua aspek baik dari aspek materi, Bahasa dan tampilan (game) diperoleh nilai persentase sebesar 87%. Hal tersebut menunjukan bahwa game interaktif berorientasi literasi lingkungan pada materi pencemaran air layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Game interakti; Literasi lingkungan; Media Pembelajaran, Model ADDIE; Pencemaran air |
Subjects: | Education, Research |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Siti Fatimah Siti Fatimah |
Date Deposited: | 26 Jul 2023 02:16 |
Last Modified: | 26 Jul 2023 02:16 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72051 |
Actions (login required)
View Item |