Pembuatan Game interaktif berorientasi literasi lingkungan pada materi pencemaran air

Fatimah, Siti (2023) Pembuatan Game interaktif berorientasi literasi lingkungan pada materi pencemaran air. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (198kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (121kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (482kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (473kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (373kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (491kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tampilan, analisis hasil uji validasi, dan analisis hasil uji kelayakan game interaktif berorientasi literasi lingkungan pada materi pencemaran air. Penelitian ini menggunakan metode DBR (Design Based Research) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, evaluation) melalui tahap pendahuluan (Analisis dan pemahaman materi), perancangan (pembuatan produk awal), dan pengembangan (uji validasi dan uji kelayakan produk). Produk yang dihasilkan berupa game interaktif berorientasi literasi lingkungan pada materi pencemaran air. Uji validasi dilakukan oleh tiga validator dari dosen ahli materi dan ahli media. Rata-rata nilai rhitung hasil uji validasi pada aspek materi, aspek bahasa, dan aspek tampilan (media) diperoleh masing-masing sebesar 0,85; 0,92; 0,84; dan secara keseluruhan diperoleh nilai rhitung sebesar 0,87, sehingga dinyatakan valid dengan nilai interpretasi tinggi. Selanjutnya, uji kelayakan kepada 15 mahasiswa pendidikan kimia yang telah mengambil mata kuliah kimia lingkungan. Rata-rata nilai hasil uji kelayakan dari semua aspek baik dari aspek materi, Bahasa dan tampilan (game) diperoleh nilai persentase sebesar 87%. Hal tersebut menunjukan bahwa game interaktif berorientasi literasi lingkungan pada materi pencemaran air layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Game interakti; Literasi lingkungan; Media Pembelajaran, Model ADDIE; Pencemaran air
Subjects: Education, Research
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia
Depositing User: Siti Fatimah Siti Fatimah
Date Deposited: 26 Jul 2023 02:16
Last Modified: 26 Jul 2023 02:16
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72051

Actions (login required)

View Item View Item