Pemberdayaan masyarakat melalui gerakan Literasi di Perpustakaan Daerah Kabupaten Karawang: Studi pada Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Karawang Jalan Jenderal Ahmad Yani Nomor 10 Karawang Barat

Nurhaliza, Andra (2023) Pemberdayaan masyarakat melalui gerakan Literasi di Perpustakaan Daerah Kabupaten Karawang: Studi pada Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Karawang Jalan Jenderal Ahmad Yani Nomor 10 Karawang Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (91kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (73kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (82kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (253kB) | Request a copy
[img] Text (BAB 5)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (46kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy

Abstract

Pemberdayaan masyarakat merupakan hal yang sangat penting dilakukan dalam berbagai bidang, termasuk di dalamnya yaitu literasi. Pemberdayaan masyarakat selalu berusaha melibatkan masyarakat sesuai dengan minat dan kebutuhannya. Upaya pemberdayaan masyarakat bertujuan untuk memperbaiki kualitas hidup masyarakat, dalam hal ini literasi menjadi salah satu aspek yang diharapkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya yang dilakukan perpustakaan khususnya Perpustakaan Daerah Kabupaten Karawang dalam menggerakan literasi, termasuk bagaimana partisipasi masyarakat terhadap gerakan literasi, serta faktor pendukung dan penghambat yang dalam upaya tersebut yang tentu saja membawa tujuan besar yaitu menjadi masyarakat Kabupaten Karawang sebagai masyarakat yang literasi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori struktural fungsional milik Robert King Merton yang disebutkan di kehidupan masyarakat dalam sistem sosial tertentu, satu pola kehidupan dalam masyarakat, belum tentu akan sesuai dengan seluruh masyarakat. Lebih lanjut lagi, teori struktural fungsional ini juga menggagas bahwa sistem seringkali mengabaikan kenyataan bahwa tidak semua individu memiliki alat dan media untuk mencapai standar di masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi, wawancara, studi kepustakaan dan dokumentasi. Data tersebut kemudian dianalisis menggunakan metode deskriptif interaktif yang melalui proses pengambilan data, reduksi data, penyajian data, dan diakhiri dengan penarikan kesimpulan serta verifikasi. Penelitian ini berlokasi di Kabupaten Karawang, tepatnya di Perpustakaan Daerah Kabupaten Karawang. Hasil penelitian ini, mengemukan hasil bahwa pertama, upaya Perpustakaan Daerah Kabupaten Karawang yaitu melalui program kerja yang terwujud dalam bentuk kegiatan, inovasi, serta kolaborasi dengan berbagai pihak. Kedua, partisipasi masyarakat terwujud dari keikutsertaan masyarakat dalam program kerja Perpustakaan Daerah Kabupaten Karawang, serta penyampaian aspirasi terhadap perpustakaan. Ketiga, faktor pendukung dalam upaya ini adalah faktor internal dari masyarakat dan faktor program kerja. Sedangkan faktor penghambatnya adalah faktor fasilitas dan faktor anggaran yang belum maksimal.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan; Literasi; Perpustakaan
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Education > Sociology of Education
Education and Research of Literatures
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Andra Nurhaliza
Date Deposited: 08 Aug 2023 02:08
Last Modified: 08 Aug 2023 02:08
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/72938

Actions (login required)

View Item View Item