maulida, elita (2017) penggunaan bahan pengayaan mata pelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan literasi pengolahan batu kapur di Jampang Tengah pada peserta didlk Sman 1 Jampang Tengah kabupaten Sukabumi. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (120kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (172kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf Download (206kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (827kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (728kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (731kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (145kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_DAFTAR PUSTAKA.pdf Restricted to Registered users only Download (218kB) |
Abstract
Penelitian ini berawal dari kurangnya kemampuan literasi sains peserta didik pada pengolahan batu kapur Jampangtengah. Salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan literasi peserta didik adalah dengan diberikan bahan pengayaan mata pelajaran fisika. Hasil penilaian tiga orang validator menunjukkan bahwa bahan pengayaan yang disusun layak sebagai instrumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan bahan pengayaan dan peningkatan kemampuan literasi peserta didik pada pengolahan batu kapur Jampangtengah. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan one-group pretest-posttest design. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XII IPA yang dipilih dengan purposive sampling. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu tes kemampuan literasi pengolahan batu kapur uraian dan angket. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, uji wilcoxon terhadap nilai N-Gain yang dinormalisasi dari dari nilai tes awal dan tes akhir peserta didik menggunakan microsoft excel. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan literasi peserta didik meningkat setelah diberikan bahan pengayaan. Hasil penelitian ini dibuktikan dengan nilai signifikansi uji Ztabel sebesar 1.64 sedangkan Zhitung 4.80 yang berarti H0 ditolak dan Harus diterima. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan bahan pengayaan mata pelajaran fisika dapat meningkatkan kemampuan literasi peserta didik pada materi pengolahan batu kapur Jampangtengah,
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | bahan pengayaan,pelajaran fisika |
Subjects: | Physics Applied Physics |
Divisions: | Fakultas Syariah dan Hukum |
Depositing User: | PKL6 SMKN 11 GARUT |
Date Deposited: | 26 Sep 2023 04:10 |
Last Modified: | 26 Sep 2023 04:10 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73096 |
Actions (login required)
View Item |