penerapan model pair check untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan mengenai jenis-jenis pekerjaan (Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa Kelas III di MI Darussalam Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung)

Amini, Aisyah (2017) penerapan model pair check untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan mengenai jenis-jenis pekerjaan (Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa Kelas III di MI Darussalam Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (169kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (177kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (308kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (328kB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (773kB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (191kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB)

Abstract

ABSTRAK Aisyah Amini. “Penerapan Model Pair Check Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS Pokok Bahasan Mengenal Jenis-jenis Pekerjaan” (Penelitian Tindakan Kelas terhadap Siswa Kelas III di MI Darussalam Kecamatan Babakan Ciparay Kota Bandung). Penelitian ini didasarkan pada fenomena yang terjadi di kelas III-B MI Darussalam Kota Bandung, yaitu rendahnya aktivitas belajar siswa khususnya pada mata pelajaran IPS. Hal ini disebabkan guru dalam proses pembelajaran masih menggunakan model pembelajaran yang kurang tepat. Maka peneliti memberikan solusi untuk mengatasi permasalahan yang terjadi dengan menerapkan model Pair Check untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS sebelum menggunakan model Pair Check pokok bahasan jenis-jenis pekerjaan di kelas III-B MI Darussalam; (2) Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS menggunakan model Pair Check pokok bahasan jenis-jenis pekerjaan di kelas III-B MI Darussalam; dan (3) Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS setelah menggunakan model Pair Check pokok bahasan jenis-jenis pekerjaan di kelas III-B MI Darussalam. Penelitian ini didasarkan pada pemikiran bahwa aktivitas belajar siswa dapat meningkat dan dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya dengan penggunaan model pembelajaran yang tepat. Salah satunya model Pair Check. Sehingga peneliti mengajukan hipotesis tindakan bahwa penerapan model Pair Check di duga dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahapan secara berulang, yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini diantaranya silabus, RPP dan lembar observasi. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, studi dokumentasi. Analisis data dengan pendekatan statistika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan mengenal jenis-jenis pekerjaan sebelum menggunakan model Pair Check di kelas III-B MI Darussalam hanya mencapai 38% (Kurang Aktif). (2) Proses pembelajaran pada mata pelajaran IPS pokok bahasan mengenal jenis-jenis pekerjaan menggunakan model Pair Check di kelas III-B MI Darussalam pada setiap siklus dan tindakannya tergolong aktif. Aktivitas guru pun tergolong aktif. Pada siklus I tindakan I sebesar 61% (Aktif), siklus I tindakan II 72% sebesar (Aktif), siklus II tindakan I sebesar 88% (Sangat Aktif) dan siklus II tindakan II sebesar 100% (Sangat Aktif). (3) Aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan mengenal jenis-jenis pekerjaan setelah menggunakan model Pair Check di kelas III-B MI Darussalam pada setiap siklus mengalami peningkatan. Siklus I dengan rata-rata sebesar 62% (Aktif) dan siklus II dengan rata-rata sebesar 81,5% (Sangat Aktif). Dari data tersebut menunjukan bahwa model Pair Check dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran IPS pokok bahasan mengenal jenis-jenis pekerjaan di kelas III-B MI Darussalam.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: tidak ada daftar isi
Uncontrolled Keywords: model pair check,pelajaran IPS,jenis-jenis pekerjaan
Subjects: Adult Education > Adult Education in Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Kependidikan Islam
Depositing User: PKL4 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 30 Nov 2023 02:07
Last Modified: 30 Nov 2023 02:07
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73161

Actions (login required)

View Item View Item