Pusparini, Esa Nur'anisa (2016) Analisis bahan ajar asam basa pada buku teks Kimia SMA/MA berdasarkan kriteria keterhubungan Refresentasi Kimia. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (100kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (114kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTARPUSTAKA)
3_daftarisi.pdf Download (137kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (178kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (545kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (197kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (138kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (154kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hasil analisis konten bahan ajar dan representasi konsep asam basa berdasarkan struktur makro wacana dan kriteria keterhubungan representasi kimia dalam buku kimia SMA. Metode penelitian deskriptif kualitatif analisis wacana dilakukan terhadap penelitian ini dengan menganalisis terhadap dua buku teks kimia (Buku A dan B) yang banyak digunakan di wilayah Bandung. Berdasarkan hasil analisis dapat diketahui bahwa kedua buku meskipun mengacu pada kurikulum yang berlaku namun memiliki perbedaan dalam urutan penyajian. epresentasi teks kedua buku cenderung bersifat deskriptif dan kurang mengembangkan pemaparan eksplanatif dan argumentatif. Namun demikian buku B lebih mengembangkan berpikir induktif dibanding buku A. Konten pada kedua buku dalam membahas tetapan kesetimbangan air, perhitungan derajat keasaman dan kekuatan asam-basa tidak berdasarkan konsep Bronsted-Lowry, sehingga konsep ini tidak digunakan secara konsisten untuk mengeksplanasi fenomena larutan asam-basa. Penjelasan asam konjugat dan basa konjugat sebagai hasil dari reaksi transfer proton menggunakan penulisan persamaan reaksi yang merujuk pada konsep Arrhenius. Beberapa konsep kunci yang tidak tercakup dalam buku adalah persen disosiasi, jenis asam, jenis basa, dan teori asam basa Lewis. Pemuatan konten titrasi asam-basa pada bagian akhir pembahasan kurang tepat karena fenomena makroskopik dan kebergunaan konten yang dikembangkan akan terbatas. Representasi yang terkandung dalam kedua buku meliputi makroskopik dan simbolik. Representasi pada buku A sebagian besar bermakna implisit sedangkan buku B eksplisit. Keterhubungan representasi pada kedua buku hampir seluruhnya terkait dengan teks, namun sebagian besar buku A tidak mengandung kalimat penghubung sedangkan buku B mengandung kalimat penghubung. Keterangan gambar terkandung di setiap representasi. Kedua buku mengandung jenis representasi tunggal sehingga tidak ada hubungan antar level representasi. Kata Kunci : Analisis Bahan Ajar, Konsep Asam Basa, Buku Teks Kimia SMA, Representasi Kimia
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis Bahan Ajar;Konsep Asam Basa;Buku Teks Kimia SMA; Representasi Kimia |
Subjects: | Chemistry and Allied Science |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Kimia |
Depositing User: | PKL2 SMKN 8 GARUT |
Date Deposited: | 22 Nov 2023 07:48 |
Last Modified: | 22 Nov 2023 07:48 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73462 |
Actions (login required)
View Item |