penggunaan media tiga dimensi berbentuk boneka untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak pokok bahasan sikap rukun dan saling tolong menolong (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III MI Al-Ishlah Kota Bandung)

Siti yulianti, Rika (2016) penggunaan media tiga dimensi berbentuk boneka untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak pokok bahasan sikap rukun dan saling tolong menolong (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III MI Al-Ishlah Kota Bandung). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_absrak.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
4_bab1.pdf

Download (362kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (315kB)
[img] Text (BAB 3)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (531kB)
[img] Text (BAB 4)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftar pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (197kB)

Abstract

ABSTRAK Rika Siti Yulianti: Penggunaan Media Tiga Dimensi Berbentuk Boneka untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Pokok Bahasan Sikap Rukun dan Saling Tolong Menolong (Penelitian Tindakan Kelas Pada Siswa Kelas III MI Al-Ishlah Kota Bandung) Berdasarkan studi pendahuluan di MI Al-Ishlah pada saat pembelajaran Akidah Akhlak di kelas III, kurangnya hasil belajar siswa di buktikan dengan rata�rata nilai siswa yang masih di bawah KKM yaitu 70,08, sedangkan KKM 75. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya media dalam pembelajaran. Dalam kegiatan pembelajaran media yang digunakan hanya buku siswa, sehingga pembelajaran menjadi monoton. Maka dari itu perlu digunakan sebuah media untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Media yang tepat untuk pembelajaran ini adalah media tiga dimensi berbentuk boneka. Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk: mengetahui hasil belajar siswa sebelum menggunakan media tiga dimensi, proses penggunaan media tiga dimensi, dan hasil belajar siswa dengan menggunakan media tiga dimensi pada materi pokok sikap rukun dan saling tolong menolong di kelas III MI Al-Ishlah. Media dalam proses pembelajaran memiliki fungsi sebagai pembawa informasi dari guru kepada siswa, media yang digunakan dalam penelitian ini adalah media tiga dimensi boneka. Media boneka merupakan salah satu jenis dari media tiga dimensi yang dipergunakan untuk memperlihatkan permainan. Dengan diterapkannya media boneka dalam sebuah pembelajaran membuat pembelajaran menjadi menyenangkan. Selain itu juga dengan diterapkannya media boneka di duga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Untuk membuktikan hipotesis tindakan yang penulis ajukan, diadakan penelitian dengan metode penelitian tindakan kelas (PTK). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah silabus, RPP, lembar observasi aktivitas guru dan siswa, dan tes hasil belajar siswa. Adapun teknik yang digunakan yaitu observasi, evaluasi dan wawancara. Penelitian ini terdiri dari III siklus dimana setiap siklusnya terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refeksi. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) hasil belajar siswa sebelum menggunakan media tiga dimensi masih rendah yaitu dengan nilai rata-rata 70,03 dengan ketuntasan belajar 46%. 2) proses penggunaan media tiga dimensi dalam setiap siklusnya mengalami peningkatan yaitu pada aktivitas guru siklus I dengan presentase 44%, silklus II dengan presentase 69%, siklus III dengan presentase 81%. Sedangkan aktivitas siswa siklus I 42%, siklus II 67% dan siklus III 67%. 3) hasil belajar setelah mengguankan media boneka pada setiap siklusnya mengalami peningkatan. Pada siklus I dengan rata-rata 73,21 ketuntasan belajar 54%, kemudian pada siklus II dengan rata-rata 76,60 ketuntasan belajar 82%, dan pada siklus III mencapai rata-rata kelas yang 81,43 dengan ketuntasan belajar 89%. Berdasarkan data tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media boneka dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III MI Al-Ishlah pada mata pelajaran Akidah Akhlak.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: media tiga dimensi,akidah akhlak,saling tolong menolong
Subjects: Education > Sociology of Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Kependidikan Islam
Depositing User: PKL4 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 28 Nov 2023 07:58
Last Modified: 28 Nov 2023 07:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73464

Actions (login required)

View Item View Item