Nurwahidah, Wida (2017) Pembelajaran qira’at sab’ah Di pondok pesantren al-qur’an al-falah. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (124kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrakffix.pdf Download (140kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (135kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (222kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (326kB) |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (332kB) |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (139kB) |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (135kB) |
Abstract
Wida Nurwahidah: Pembelajaran Qira’at Sab’ah di Pondok Pesantren Al�Qur’an Al-Falah. Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Falah adalah salah satu lembaga yang menyajikan pembelajaran qirâ’at sab’ah, hingga saat ini Pondok Pesantren Al�Qur’an Al-Falah melaksanakan pembelajaran qirâ’at sab’ah. Kajian qirâ’at sab’ah ini menarik perhatian penulis untuk meneliti pembelajaran qirâ’at sab’ah di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Falah yang difokuskan pada materi dan metode yang digunakan dalam pembelajaran qirâ’at sab’ah di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Falah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui materi yang diajarkan di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Falah yang berkaitan dengan qirâ’at sab’ah dan untuk mengetahui metode pembelajaran qirâ’at sab’ah yang digunakan di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Falah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kasus yakni penelitian tentang suatu objek yang mempunyai kekhasan tersendiri. Sumber data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik wawancara dan pengumpulan dokumentasi sebagai sumber primer dan berbagai literatur yang berkaitan dengan penelitian ini sebagai sumber sekundernya. Berdasarkan penelitian yang telah penulis lakukan di Pondok Pesantren Al-Qur’an Al-Falah. Materi yang diajarkan diantaranya adalah merujuk kepada kitab-kitab qirâ’at yang dipelajari, adapun metode pembelajaran qirâ’at sab’ah yang digunakan adalah metode talaqqi, sorogan dan bandungan. Metode talaqqi yaitu metode pembelajaran yang dimuali dengan bacaan santri, kemudian didengarkan dan diperhatikan oleh ustadz, jika ada kesalahan dalam membaca maka ustadz yang men tashih nya dan memberikan contoh bacaan yang benar, adapun metode bandungan yaitu metode pembelajaran yang dilakukan secara bersamaan dalam suatu majlis dan didengarkan/diperhatikan oleh seluruh santri, sedangkan metode sorogan yaitu metode pembelajaran yang prosesnya adalah seorang santri membaca dihadapan ustadz.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pembelajaran;qira'at;sab'ah |
Subjects: | Fikih (Fiqih, Fiqh), Hukum Islam |
Divisions: | Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir |
Depositing User: | PKL3 SMKN 8 GARUT |
Date Deposited: | 27 Nov 2023 08:01 |
Last Modified: | 27 Nov 2023 08:01 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73600 |
Actions (login required)
View Item |