Nur, Tya Shofarina M. (2023) Optimalisasi program pembinaan akhlak di SMP Negeri 13 Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (86kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (115kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (67kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (272kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (296kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (160kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (512kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (184kB) | Request a copy |
Abstract
Dalam jenjang SMP, pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti memiliki 3 jam pelajaran per minggu. Meskipun begitu, guru-guru PAI di SMPN 13 Bandung masih menganggap waktu pembelajaran tersebut tidak mencukupi. Masalah ini timbul karena dalam waktu yang terbatas guru harus mencakup banyak materi seperti fiqh, aqidah akhlak, Al-Qur'an hadits, dan sejarah kebudayaan Islam. Hal ini membuat pendalaman setiap materi menjadi sangat terbatas, selain itu tugas guru PAI bukan hanya menyampaikan materi saja tapi memberikan pembinaan akhlak kepada peserta didik. Terbatasnya intensitas interaksi antara guru dan peserta didik juga menjadi kendala dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Tujuan pelaksanaan program pembinaan akhlak di SMP NEGERI 13 Bandung, 2) Proses pelaksanaan program pembinaan akhlak di SMP Negeri 13 Bandung, 3) Apa saja yang menjadi faktor pendukung dan penghambat program pembinaan akhlak di SMP Negeri 13 Bandung, 4) Keberhasilan dari optimalisasi program pembinaan akhlak di SMP Negeri 13 Bandung. Dalam konteks pembelajaran, optimalisasi merupakan upaya untuk memaksimalkan potensi peserta didik dalam mengembangkan akhlak yang baik. Dalam program pembinaan akhlak, guru PAI memiliki peran penting dalam membentuk karakter moral mereka. Meskipun waktu terbatas untuk mata pelajaran PAI di SMP Negeri 13 Bandung, program Pembinaan Akhlak hadir sebagai solusi untuk mengintensifkan waktu pembelajaran PAI. Namun, dalam pelaksanaan program tersebut terdapat faktor-faktor pendukung dan penghambat yang harus diperhatikan agar mencapai keberhasilan optimalisasi program pembinaan akhlak di SMP Negeri 13 Bandung sesuai dengan harapan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi untuk mendapatkan data yang mendalam tentang program pembinaan akhlak di SMP Negeri 13 Bandung. Teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, verifikasi dan keabsahan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Program pembinaan akhlak di SMP Negeri 13 Bandung memiliki tujuan untuk membentuk akhlakul karimah pada peserta didik, 2) Program pembinaan akhlak di SMP Negeri 13 Bandung dilaksanakan secara rutin. Dilaksanakan setiap hari Jum’at, 3) Faktor-faktor pendukung dan penghambat program pembinaan akhlak di SMP Negeri 13 Bandung mencakup pada aspek teknis, 4) Keberhasilan optimalisasi program pembinaan akhlak terlihat dari kedisiplinan peserta didik mengikuti program ini serta peserta didik telah menunjukkan akhlak yang baik.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Optimalisasi; Program pembinaan akhlak; SMP |
Subjects: | Islam Islam > Islamic Religious Education Educational Institutions, Schools and Their Activities > Public Schools Secondary Education > Lower Level Secondary School |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Tya Shofarina M. Nur |
Date Deposited: | 22 Aug 2023 00:37 |
Last Modified: | 22 Aug 2023 00:37 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/73801 |
Actions (login required)
View Item |