Manajemen pembelajaran di Pondok Pesantren: Penelitian di Pondok Pesantren Miftahul Falah Gedebage Kota Bandung

Fuadah, Fitriyah Samrotul (2016) Manajemen pembelajaran di Pondok Pesantren: Penelitian di Pondok Pesantren Miftahul Falah Gedebage Kota Bandung. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (101kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftar isi.pdf

Download (132kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (217kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (250kB)
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB)
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (342kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (162kB)

Abstract

Penelitian ini berlatar belakang bahwa maju mundurnya suatu organisasi tergantung pada manajemen yang diterapkan yang didasari pada kenyataan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi yang digunakan, melihat aktivitas Pembelajaran di Pondok Pesantren Miftahul Falah Gedebage Kota Bandung yang menarik,tetapi pengaturan waktu dan jadwal masih belum optimal, maka diperlukan pengelolaan pembelajaran yang baik yang harus dikembangkan berdasarkan pada asas-asas pembelajaran agar tercapainya tujuan pembelajaran di pondok pesantren. Tujuan pokok penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) latar alamiah, (2) perencanaan pembelajaran, (3) pelaksanaan pembelajaran, (4) evaluasi pembelajaran pesantren, (5) keberhasilan yang dicapai dari pelaksanaan manajemen pembelajaran (6) sehingga diketahui faktor penunjang dan penghambat Manajemen Pembelajaran Pondok Pesantren Miftahul Falah Gedebage Kota Bandung. Manajemen merupakan suatu proses yang terdiri atas tindakan tindakan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian untuk mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Maka Manajemen yang baik sangat dibutuhkan dalam pembelajaran pesantren dari perencanaan,pelaksanaan,dan mengevaluasi proses pembelajaran untuk mampu mewujudkan kualitas pembelajaran yang lebih baik. Penelitian ini menggunakan Metode kualitatif, peneliti mendeskripsikan temuan-temuan dari fenomena yang terjadi dilapangan dengan teknik observasi partisifasi,wawancara dan studi dokumentasi, sedangkan pengolahan datanya dilakukan analisis data dari berbagai sumber kemudian melakukan uji keabsahan data dengan memperpanjang keikutsertaan, triangulasi, pengecekan anggota,uraian rinci, audit ketergantungan dan audit kepastian yang disepakati oleh lembaga yang diteliti. Dari hasil penelitian dan data yang didapatkan dari Pondok Pesantren Miftahul Falah Gedebage Kota Bandung menunjukkan bahwa latar alamiah Pondok Pesantren Miftahul Falah Gedebage Kota Bandung yang dipimpin oleh KH. Agus Ahmad Syakur,Lc. merupakan lembaga pendidikan non formal yang didirikan berdasarkan pada kebutuhan masyarakat akan ilmu agama di daerah Gedebage. Perencanaan Pembelajaran ditetapkan oleh Kyai Pimpinan dengan menunjukkan kitab-kitab apa yang harus dipelajari dimulai dari kitab yang dasar sampai pada tingkat yang tinggi. Pelaksanaannya seluruh materi pembelajaran dapat tersampaikan dengan baik,Para ustadz/ustadzah menyampaikan materi dengan metode bandongan, sorogan, hafalan, ceramah, tugas belajar, latihan, dan bandongan terbalik. Evaluasi pembelajarannya berbentuk tes tulisan, tes lisan, hafalan, dan tes secara langsung ketika pembelajaran. Hasil Manajemen Pembelajaran Pondok Pesantren Miftahul Falah Gedebage Kota Bandung ustadz/ustadzah dapat memberikan stimulus kepada santri untuk aktif dan dilatih untuk mampu membaca,memaknai,dan menghafal Al-Qur’an dan pemahaman kitab kuning. selain itu santri memiliki prestasi yang cukup dalam bidang akademik maupun non akademik. tentu pada pelaksanaan manajemen pembelajaran tidak terlepas dari faktor penunjang yaitu faktor ustadz, santri, sarana dan prasarana, proses pembelajaran. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu tugas ganda Kyai Pimpinan dan lingkungan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: tidak ada daftar pustaka
Uncontrolled Keywords: Manajemen; Pembelajaran; pesantren
Subjects: Islam
Educational Institutions, Schools and Their Activities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Agama Islam
Depositing User: PKL4 SMKN 8 GARUT
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:20
Last Modified: 24 Nov 2023 06:34
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74135

Actions (login required)

View Item View Item