Pengaruh pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu media Google Sites terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Ekosistem

Munayah, Mumun (2023) Pengaruh pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbantu media Google Sites terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi Ekosistem. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text
1_cover.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
2_abstrak.pdf

Download (665kB) | Preview
[img]
Preview
Text
3_daftarisi.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
4_bab1.pdf

Download (5MB) | Preview
[img] Text
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
[img] Text
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB) | Request a copy
[img] Text
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan berpikir kritis sangat diperlukan di abad 21, namun berdasarkan hasil observasi keterampilan berpikir kritis siswa X masih dalam kategori belum optimal. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan tersebut adalah dengan memilih model pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, salah satunya adalah model Problem Based Learning berbantu media Google Sites. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning berbantu media Google Sites terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Data hasil penelitian menunjukan bahwa keterlaksanaan aktivitas pembelajaran memperoleh kriteria sangat baik dengan persentase 86%, peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa kelas eksperimen memperoleh rata-rata nilai N-gain sebesar 0,51 dengan kategori sedang, sedangkan pada kelas kontrol sebesar 0,42 dengan kategori sedang. Perolehan nilai N-gain per indikator kelas eksperimen sebesar 0,55 dengan kategori sedang, pada kelas kontrol sebesar 0,44 dengan kategori sedang. Hasil uji t juga menunjukan Sig. 2-tiled (0,005) < Ttabel (α = 0,05) yang berarti H_1 di terima dan H_0 ditolak. Rata-rata persentase respon siswa terhadap model Problem Based Learning berbantu media google sites berpengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa. Kata Kunci: Katerampilan Berpikir Kritis, Problem Based Learning, Google Sites, Ekosistem

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Ekosistem; Google Sites; Keterampilan Berpikir Kritis; Problem Based Learning
Subjects: Biology
Biology > Education, Research, Related Topics of Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Biologi
Depositing User: Mumun Munayah
Date Deposited: 31 Aug 2023 05:01
Last Modified: 31 Aug 2023 05:01
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74446

Actions (login required)

View Item View Item