Pengaruh sumber karoten dalam pakan buatan terhadap kualitas warna dan laju pertumbuhan ikan Golden Black Molly (Poecilia Sphenops)

Aulia, Hilyah (2023) Pengaruh sumber karoten dalam pakan buatan terhadap kualitas warna dan laju pertumbuhan ikan Golden Black Molly (Poecilia Sphenops). Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
COVER SKRIPSI.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
ABSTRAK.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
DAFTAR ISI.pdf

Download (260kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB 1)
BAB 1.pdf

Download (262kB) | Preview
[img] Text (BAB 2)
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)
[img] Text (BAB 3)
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (521kB)
[img] Text (BAB 4)
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (671kB)
[img] Text (BAB 5)
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (244kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (538kB)

Abstract

Ikan golden black molly (Poecilia sphenops) merupakan salah satu jenis ikan hias yang dapat dibudidayakan. Ikan golden black molly memiliki warna indah dan cerah dan bernilai jual yang tinggi. Lapisan epidermis ikan sebagai salah satu alasan yang banyak diminati oleh masyarakat sehingga para pembudidaya perlu mempertahankan warna tubuh ikan hias dengan cara memberikan pakan yang mengandung pigmen warna yaitu karotenoid. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian pelet dengan campuran astaxanthin, tepung wortel dan tepung labu kuning yang dapat mempengaruhi warna dan pertumbuhan ikan golden black molly. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan empat perlakuan satu sebagai kontrol dan tiga pengulangan, dengan perlakuan PO yaitu kontrol sebanyak 100%, perlakuan P1 yaitu pemberian tepung astaxanthin 15% dengan penambahan pelet 85%, perlakuan P2 yaitu tepung wortel 15% dengan penambahan pelet 85%, dan perlakuan P3 yaitu pemberian tepung labu kuning 15% dengan penambahan pelet 85% selama 30 hari. Hasil Penelitian ini menunjukkan adanya pengaruh perbedaan yang nyata pada penambahan tepung astaxanthin, tepung wortel, dan tepung labu kuning terhadap peningkatan warna dan pertumbuhan ikan golden black moll. Bedasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pada perlakuan P2 dengan pemberian tepung wortel warna yang lebih cerah dibanding dengan pemberian pakan alami lainnya. Sedangkan pemberian tepung astaxanthin pada perlakuan P1 memberikan hasil pertumbuhan ikan golden black molly terbaik.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Epidermis; Karoten; Pakan; Pigmen; Pembudidaya
Subjects: Cold-Blooded Vertebrates Fossil
Cold-Blooded Vertebrates Fossil > Pisces Fossil, Fishes Fossil
Depositing User: Hilyah Aulia
Date Deposited: 04 Sep 2023 04:38
Last Modified: 04 Sep 2023 04:41
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74742

Actions (login required)

View Item View Item