Fathurrohman, Muhamad Ihsan (2023) Pengaruh manajemen kurikulum merdeka terhadap pengembangan soft skill peserta didik di MAN Se-Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.
|
Text (COVER)
1_cover.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf Download (151kB) | Preview |
|
|
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf Download (128kB) | Preview |
|
|
Text (BAB I)
4_bab1.pdf Download (332kB) | Preview |
|
Text (BAB II)
5_bab2.pdf Restricted to Registered users only Download (327kB) | Request a copy |
||
Text (BAB III)
6_bab3.pdf Restricted to Registered users only Download (277kB) | Request a copy |
||
Text (BAB IV)
7_bab4.pdf Restricted to Registered users only Download (538kB) | Request a copy |
||
Text (BAB V)
8_bab5.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) | Request a copy |
||
Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf Restricted to Registered users only Download (189kB) | Request a copy |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini yaitu Kurikulum Merdeka merupakan bentuk penilaian terhadap kurikulum 2013, kurikulum Merdeka merupakan kurikulum dengan pembelajaran intra kurikuler yang isinya akan lebih optimal sehingga siswa memiliki waktu untuk mendalami konsep dan memperkuat kompetensi. Disamping hal tersebut, adanya lost learning pasca pandemic covid 19. Hal tersebut berdampak terhadap peserta didik dalam proses pembelajaranya yang kurang optimal, terutama dalam aspek soft skill peserta didik tersebut. Dengan demikian, perlu adanya manajerial dalam proses kurikulum merdeka ini. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Untuk Menganalisis Manajemen Kurikulum Merdeka di Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Bandung Barat; (2) Untuk Menganalisis Pengembangan Soft Skill peserta didik Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Bandung Barat; (3) Untuk Menganalisis Pengaruh Manajemen Kurikulum Merdeka Terhadap Pengembangan Soft Skill Peserta Didik Madrasah Aliyah Negeri Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, dengan metode ex post facto. Data pada penelitian ini diperoleh melalui hasil penyebaran kuesioner dengan menggunakan model skala likert yang terdiri dari lima alternatif pilihan jawaban yang diberikan kepada 96 responden. Teknik analisis data pada penelitian ini berupa uji instrumen data (validitas, reliabilitas dan analisis indikator), uji asumsi klasik (uji normalitas, uji linearitas, uji heterokedastisitas), uji regresi linear sederhana serta uji hipotesis (uji t, uji koefisien determinasi). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh manajemen kurikulum merdeka terhadap soft skill peserta didik secara signifikan dengan nila t hitung sebesar 6,885 lebih besar dari nilai t tabel 1,660 dengan nilai signifikansi 0,00 < 0,05. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara signifikan manajemen kurikulum merdeka terhadap soft skill peserta didik. Pengujian dengan koefisien determinasi memiliki hasil besaran nillai pengaruh variabel manajemen kurikulum merdeka terhadapsoft skill peserta didik sebesar 0,773 atau 77,3 %. Sedangkan sisanya dipengaruh oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen; Kurikulum Merdeka; Soft skill; Peserta Didik; Pendidikan |
Subjects: | Educational Institutions, Schools and Their Activities > Students Curricula > Curriculum Development General Management > Education, Research of Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ihsan Fathurrohman |
Date Deposited: | 04 Sep 2023 01:52 |
Last Modified: | 04 Sep 2023 01:52 |
URI: | https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/74763 |
Actions (login required)
View Item |