Karakteristik tafsir Al-Quran surah Al-Fatihah karya Tok Guru Nik Abdul Aziz Nik Mat

Poly, Nurmaisarah Marnie binti (2023) Karakteristik tafsir Al-Quran surah Al-Fatihah karya Tok Guru Nik Abdul Aziz Nik Mat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (97kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (144kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (409kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (747kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (209kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (230kB) | Request a copy

Abstract

Surat Al Fatihah merupakan induk dari Al-Quran dalam hal studi tafsir. Surat Al Fatihah memiliki sejumlah besar kualitas yang luar biasa. Karena ada begitu banyak variasi pembacaan, yang masing-masing dilatarbelakangi oleh pola pikir mufasir yang berbeda, peneliti akan menyelidiki penafsiran surat Al Fatihah dengan menggunakan metode tasfir tokoh ulama dari Kelantan, Malaysia, yaitu Tafsir Al Quran Nik Abdul Aziz Nik Mat. Tujuan penelitian ini adalah mengkaji surah Al Fatihah dalam salah satu tafsir nusantara karangan ulama asal Kelantan, Malaysia yaitu Tafsir Al Quran karya Tok Guru Nik Abdul Aziz Nik Mat. Adanya penguraian mengenai pentafsiran, sumber dan metode surah Al fatihah menurut Tok Guru Nik Aziz Nik Mat. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan tahlili. Adapun metode penelitian yang digunkakan adalah metode deskriptif analisis dengan menerapkan teknik pengumpulan data secara studi pustaka ataupun library research. Penelitian dilakukan dengan mengumpulkan sumber-sumber kepustakaan baik primer maupun sekunder. Setelah itu, data yang diperoleh akan disusun sesuai kategori berdasarkan temuan penelitian dan akhirnya data-data tersebut diabrstraksikan fakta dalam menelaah kitab karya Tok Guru Nik Abdul Aziz Nik Mat. Tok Guru Nik Aziz Nik Mat dalam menafsirkan surah Al Fatihah ini menggunakan metode pentafsiran al-Quran, yaitu metode Tahlili. Di dalam kitab tafsir al Quran surah Al Fatihah ini, terdapat dua tempat ayat ditafsirkan. Pertama pada muka surat 73 dan 74, kedua pada muka surat 84 hingga 87. Penafsiran pertama dinyatakan secara ringkas sahaja kerana penulis dan penyusun kitab ini tidak menemui rekaman penuh kuliah tafsir ketika itu. Penafsiran Tok Guru Nik Aziz Nik Mat dalam tafsir Al Quran surah Al Fatihah menguraikan tentang adanya penggunaan kemahiran tatabahasa Arab yakni penerangan tentang perbezaan dan sifat bagi ism, fi‘il dan ḥarf. Tok Guru Nik Aziz turut membawa pandangan ulama Nahwu. Selain itu, didapati Tok Guru Nik Aziz Nik Mat mendatangkan ayat al-Quran dari surah lain bagi menjelaskan makna dan tafsiran yang lebih mendalam secara analitis dan beliau menggunakan delapan (8) buah hadis untuk dijadikan sokongan ketika mentafsirkan surah al-Fātiḥah ini.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik; Tafsir Al Quran; Tokoh; Surah Al Fatihah Karakteristik, Tafsir Al Quran, Tokoh, Surah Al Fatihah Karakteristik; Tafsir Al Quran; Tokoh; Surah Al Fatihah;
Subjects: Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Asbabun Nuzul
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Al-Qur'an dan Terjemahannya
Al-Qur'an (Al Qur'an, Alquran, Quran) dan Ilmu yang Berkaitan > Tafsir Al-Qur'an
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Program Studi Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Nurmaisarah Marnie Binti Poly
Date Deposited: 05 Sep 2023 07:58
Last Modified: 05 Sep 2023 07:58
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75064

Actions (login required)

View Item View Item