Pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap kemampuan menulis kreatif siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia : Penelitian kuasi eksperimen di kelas V MI Miftahul Huda Kab. Tangerang

Indrianti, Ikke (2023) Pengaruh model pembelajaran Example Non Example terhadap kemampuan menulis kreatif siswa dalam pelajaran Bahasa Indonesia : Penelitian kuasi eksperimen di kelas V MI Miftahul Huda Kab. Tangerang. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_Cover.pdf

Download (30kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_Abstrak.pdf

Download (207kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_Daftar Isi.pdf

Download (293kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_BAB 1.pdf

Download (286kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (281kB)
[img] Text (BAB III)
6_BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (918kB)
[img] Text (BAB IV)
7_BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB)
[img] Text (BAB V)
8_BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (103kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB)

Abstract

Dalam Bahasa Indonesia terdapat empat keterampilan yang harus dikuasai siswa yaitu mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Dengan keterampilan menulis siswa terlihat kemampuannya dalam menuangkan ide, gagasan, pesan, dan informasi yang mereka peroleh. Agar pembelajaran dapat membuahkan hasil yang baik, dibutuhkan suatu rencana yang tersusun secara efisien dan sistematis. Sehingga pembelajaran dapat lebih berkesan. Dari hasil pengamatan awal dengan guru kelas dan siswa kelas V MI Miftahul Huda, menunjukkan adanya siswa yang nilainya di bawah KKM pada muatan mata pelajaran Bahasa Indonesia. Mereka sukar menguasai kemampuan menulis dikarenakan siswa mengalami kesulitan dalam mengungkapkan ide dalam tulisan dan kurangnya latihan menulis. Selain itu, pembelajaran yang dilakukan guru kurang melibatkan siswa. Hal ini tentu mempengaruhi hasil belajar siswa. Keterampilan menulis bisa dipertajam melalui model pembelajaran yang cocok. Salah satunya melalui model pembelajaran "Example Non Example".Tujuan dari penelitian ini ialah untuk melihat kemampuan awal dari menulis kreatif siswa. Untuk mempelajari proses belajar Bahasa Indonesia siswa dengan menggunakan model pembelajaran example non example. Serta untuk mengidentifikasi perubahan dalam kemampuan menulis kreatif siswa setelah dilakukannya tindakan. Selain itu, untuk mengetahui perbedaan hasil kemampuan menulis kreatif siswa setelah diterapkannya tindakan. Dengan model pembelajaran example non example dalam melatih kemampuan menulis, siswa dapat menceritakan ide kreatif mereka, seperti dalam hasil karya tulis yang imajinatif. Kemampuan menulis kreatif ialah kemampuan untuk menghasilkan karya tulis yang imajinatif sebagai wujud dari perasaan, pengalaman, dan pengetahuan yang dimilikinya dalam menghasilkan ide tulisan yang indah dan bermakna. Metode yang digunakan dalam penelitian ini berupa kuasi eksperimen (Non-Equivalent Control Group Design) dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengumpulan data berupa unjuk kerja, lembar observasi, dan dokumentasi. Unjuk kerja dilakukan untuk mengukur kemampuan menulis kreatif siswa melalui pretest dan posttest pada pelajaran Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil tes pada kelas eksperimen menunjukkan bahwa hasil pretest sebelum diterapkannya treatment memperoleh nilai rata-rata 61. Kemudian setelah dilakukannya treatment pada proses pembelajaran, hasil posttest memperoleh nilai rata-rata 74 nilai ini menunjukkan kategori cukup dari KKM yang ditetapkan yaitu 65. Maka, dapat diartikan terdapat pengaruh model pembelajaran example non example terhadap kemampuan menulis kreatif siswa kelas V MI Miftahul Huda Kab. Tangerang. Kata Kunci: model pembelajaran, example non example, menulis kreatif

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran; example non example; menulis kreatif
Subjects: Elementary Education > Writing Skills for Elementary Education
Accounting > Education, Research of Accounting
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ikke Indrianti
Date Deposited: 05 Sep 2023 01:20
Last Modified: 05 Sep 2023 01:20
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75069

Actions (login required)

View Item View Item