Chatbot pelayanan kantor desa menggunakan Algoritma Naive Bayes

Al-Hidayah, Dini Nurul Haq (2023) Chatbot pelayanan kantor desa menggunakan Algoritma Naive Bayes. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (32kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (49kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (51kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (236kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (163kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (310kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (940kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (45kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (185kB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan dan penggunaan teknologi komputer sekarang sudah semakin canggih. Pesatnya perkembangan teknologi mendorong digitalisasi layanan administrasi pemerintahan yang lebih cepat dan mudah. Penerapan teknologi dapat digunakan untuk meningkatkan pelayanan publik khususnya di tingkat desa. Pelayanan secara konvensional kurang memberikan kemudahan, seperti penyampaian informasi di Kantor Desa Margasari. Seringkali pertanyaan masyarakat ditanyakan secara berulang dan terbatas karena jam kerja. Oleh karena itu, salah satu solusi teknologi yang dapat menciptakan komunikasi interaktif, cepat dan informatif yaitu chatbot dengan pendekatan NLP. Layanan ini dilakukan dengan fitur bot API pada messenger Telegram yang dirancang berbasis Natural Language Processing (NLP) menggunakan Machine Learning dengan algoritma Naive Bayes sebagai intent classifier. Pengujian Naive Bayes pada chatbot layanan kantor desa dilakukan dengan menggunakan 330 data dalam bentuk pertanyaan. Berdasarkan hasil pengujian yang direpresentasikan dengan Confusion Matrix menunjukkan implementasi Algoritma Naïve Bayes pada chatbot memiliki rata-rata nilai akurasi sebesar 98,8% dengan precision 98,9% dan recall 99%. Hasil ini menunjukkan bahwa algoritma Naive Bayes dapat memberikan jawaban yang baik tentang pelayanan kantor desa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Pelayanan Kantor Desa; Natural Language Processing; Chatbot; Naïve Bayes; Messenger Telegram
Subjects: Data Processing, Computer Science
Special Computer Methods
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Program Studi Teknik Informatika
Depositing User: Haq Al-Hidayah Dini Nurul
Date Deposited: 05 Sep 2023 08:52
Last Modified: 05 Sep 2023 08:52
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75210

Actions (login required)

View Item View Item