Pemahaman kesiapan reproduksi pelaku pernikahan dini : Penelitian di Desa Cipada Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat

Havizah, Syifa (2023) Pemahaman kesiapan reproduksi pelaku pernikahan dini : Penelitian di Desa Cipada Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Sarjana thesis, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

[img]
Preview
Text (COVER)
1_cover.pdf

Download (21kB) | Preview
[img]
Preview
Text (ABSTRAK)
2_abstrak.pdf

Download (34kB) | Preview
[img]
Preview
Text (DAFTAR ISI)
3_daftarisi.pdf

Download (48kB) | Preview
[img]
Preview
Text (BAB I)
4_bab1.pdf

Download (125kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
5_bab2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (99kB) | Request a copy
[img] Text (BAB III)
6_bab3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (108kB) | Request a copy
[img] Text (BAB IV)
7_bab4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text (BAB V)
8_bab5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (34kB) | Request a copy
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
9_daftarpustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (87kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena sosial tentang kurangnya pemahaman perempuan pelaku pernikahan dini terhadap kesiapan reproduksinya di Desa Cipada Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaku pernikahan dini di Desa Cipada dalam memahami sistem reproduksi dan juga mengetahui dampak kurangnya pengetahuan sistem reproduksi pada pelaku pernikahan dini di Desa Cipada. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Teori Tindakan Sosial Max Weber mengatakan bahwa individu melakukan sebuah tindakan atas pengalaman, pemahaman atas objek yang dapat dilakukan di situasi tertentu. Teori yang digunakan Peneliti untuk menganalisis permasalahan yang terjadi di Desa Cipada yaitu kurangnya pemahaman kesiapan reproduksi perempuan sebagai pelaku pernikahan dini di Desa Cipada Kecamatan Cisarua Kabupaten Bandung Barat. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan juga data sekunder. Data primer diperoleh dari informan sedangkan data sekunder dapat diperoleh dari profil Desa Cipada, artikel, skripsi. Teknik pengumpulan data penelitian berupa wawancara tidak terstruktur observasi, dokumetasi. Teknik analisis data interaktif reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaku pernikahan dini di Desa Cipada tingkat pemahaman pada pasangan yang menikah pada usia relatif muda di desa tersebut cenderung masih rendah. Pemahaman mengenai kesiapan reproduksi juga masih terbatas di kalangan pelaku pernikahan dini di Desa Cipada. Masyarakat Desa Cipada cenderung kurang memahami pemahaman mengenai kesiapan reproduksi . Pemahaman akan reproduksi pada pelaku pernikahan dini sangat kurang karena kurangnya pendidikan mengenai sistem reproduksi dan kesiapan psikologis terkait dengan pernikahan sehingga berdampak pada banyaknya permasalahan kelahiran dan kependudukan yang membuat pentingnya pendidikan seks dan kontrasepsi bagi penduduk Desa Cipada.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Reproduksi; Pemahaman; Pelaku Pernikahan Dini
Subjects: Sociology and Anthropology, Society
Culture and Institutions > Family
Personal Health, Hygiene > Birth Control and Sex Hygiene
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Program Studi Sosiologi
Depositing User: Syifa Havizah
Date Deposited: 06 Sep 2023 04:53
Last Modified: 06 Sep 2023 04:53
URI: https://digilib.uinsgd.ac.id/id/eprint/75296

Actions (login required)

View Item View Item